FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT MENYELENGGARAKAN PELEPASAN SARJANA BARU PERIODE FEBRUARI 2017

pelepasan fahutan feb2017_1

Banjarbaru. Selasa (28/02/2017), Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat menyelenggarakan Pelepasan Sarjana Baru periode Februari 2017, bertempat di Aula Fakultas Kehutanan. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan beserta anggota Senat Fakultas, para Dosen, Orang Tua dan Wali Sarjana baru serta para Sarjana baru. Jumlah Sarjana baru yang dilepas kali ini sebanyak 37 orang, yang terdiri dari 8 orang lulusan Minat Manajemen Hutan, 15 orang Minat Silvikultur dan 14 orang Minat Teknologi Hasil Hutan. Dari 37 orang lulusan tersebut, 1 orang dinyatakan lulus dengan predikat Pujian atau cum laude, yaitu : Tri Ani Windawati, S. Hut dengan IPK 3,88. Sisanya, sebanyak 36 orang dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan. Sarjana baru yang dilepas kali ini, semuanya memiliki IPK diatas 3,00, yaitu berkisar antara 3,03 sampai dengan 3,88.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kehutanan menyampaikan, predikat lulus dengan pujian bagi program S1, diberikan kepada mahasiwa yang lulus dengan IPK >3,50, waktu studi paling lama 5 tahun dan tidak memiliki nilai C. Selanjutnya Dekan menyampaikan, Fakultas kehutanan UNLAM berusaha untuk meningkatkan mutu lulusanya dengan melakukan berbagai upaya, antara lain berkerjasama dengan Universitas dalam negeri maupun luar negeri. Pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen terus ditingkatkan, dengan harapan agar lulusan mempunyai pengalaman lapangan yang sesuai dengan pekerjaan yang nantinya dihadapi.

Saat ini Fakultas yang memiliki 66 orang dosen, 25 orang berpendidikan S3 (35 %) 5 orang diantaranya guru besar (professor), sisanya berpendidikan S2 dan 9 orang diantaranya sedang mengikuti pendidikan S3. Hampir semua dosen telah memiliki Sertifikasi Dosen, hanya 4 orang yang belum, karena sedang studi lanjut S3.

Akreditasi Program Studi merupakan suatu penilaian dari Badan Akreditasi Nasional terhadap kinerja dan pelaksanaan proses pembelajaran terhadap suatu Program Studi yang dilaksanan oleh Fakultas dan saat ini penerima kerja (swasta maupun pemerintah) telah mensyaratkan Akreditasi dalam recruitment tenaga kerja.  Program Studi Kehutanan telah diakreditasi dan memperoleh peringkat B dan akreditasi institusi (UNLAM) juga mendapat peringkat B.

Saat ini kami sedang finalisasi kurikulum berbasis KKNI dan mempersiapkan re akreditasi untuk mencapai peringkat Unggul atau A.

Alhamdulillah, 5 tahun terakhir telah terjadi peningkatan jumlah mahasiswa baru Fakultas Kehutanan  tahun 2012 : 131 orang dan tahun 2013   : 135 orang, tahun 2014 sebanyak 167 orang,  tahun 2015 jumlah mahasiswa baru 144 orang dan tahun 2016 sebanyak 139 orang.

Peluang kerja sarjana kehutanan sebenarnya cukup banyak khususnya di sektor swasta. Beberapa permintaan tenaga teknis kehutanan untuk bekerja di perusahaan pengelola HTI tidak terpenuhi, demikian pula di perkebunan kelapa sawit. Tidak dapat dipenuhinya permintaan tenaga kerja tersebut disebabkan keengganan berkarier   dan bekerja jauh dari kota,  harusnya sarjana kehutanan tidak demikian, banyak contoh sarjana kehutanan yang sukses yang berkarier dari bawah dan jauh dari kota.

Kami berharap dan mendoakan semoga para sarjana baru yang dilepas hari ini dapat meraih cita-citanya dan sukses dalam menjalani kehidupan di masyarakat.

Setelah acara selesai, dilakukan foto bersama antara anggota Senat Fakultas dengan para sarjana baru.

Blog Attachment