| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKB403 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKB403 Teknik Persemaian | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Prof.Ir. Basir, M.Sc., Ph.D | |
| Pengajar | 1. Prof.Ir. Basir, M.Sc., Ph.D | |
| 2. Ir. Damaris Payung, MS | |
| 3. Adistina Fitriani, S.Hut, MP | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 3 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) menerapkan teknik pembibitan dalam produksi bibit untuk pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) beradaptasi, bekerja secara efektif secara mandiri dan tim, serta membangun dan mengembangkan jaringan kerja sama sektor pembibitan dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah yang berkelanjutan; 3) Memiliki kemampuan manajerial di bidang persemaian secara profesional dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan hutan lestari. | |
| Isi | Peserta akan mampu: 1) I Menerapkan ilmu-ilmu dasar kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) beradaptasi, bekerja secara efektif secara mandiri dan tim, serta membangun dan mengembangkan jaringan kerja sama dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah yang berkelanjutan; 3) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan lestari. | |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Ditjen RRL Jakarta |
| 2. Dina dan Agoes, S. 1994. Aneka Jenis Media Tanam dan Penggunaannya. Penebar Swadaya Jakarta. |
| 3. Fandeli, CH. 1984. Teknik Persemaian. Yayasan Pembina. Fakultas Kehutanan UGM. Yogyakarta. |
| 4. Hardjowigeno,S.1987. Ilmu Tanah. PT. Widiyatama Sarana Perkasa. Jakarta |
| 5. Murbandono,L.HS. 1996. Membuat Kompos. Penebar Swadaya. Jakarta. |
| 6. Rinsema, WT. 1993. Pupuk dan Cara Pemupukan. PT.Bhratara Niaga Media. Jakarta |
| 7. Panduan Persemaian ATA-267. Proyek Pembibitan dan Perkebunan Mekanis di Kalimantan Selatan (Indonesia-Finlandia). Dephut. Ditjen.RRL-BTR. Banjarbaru. |
| 8. Setiadi,Y. 1989. Bahan Pengajaran Pemanfaatan Mikroorganisme dalam Kehutanan. PAU. Bioteknologi IPB |
| 9. Suteja, M.Mulyani. 1995. Pupuk dan cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta. |
| 10. Simamora,S dan Salundik. 2006. Peningkatan Kualitas Kompos. Agromedia Pustaka. Jakarta |
| 11. Widyastuti, YE. 1996. Rumah Kaca Rumah untuk Tanaman. Penebar Swadaya. Jakarta |
| 12. Wudianto,R. 1998. Membuat Stek, Cangkok dan Okulasi. Penebar Swadaya. |
| 13. Widarto,L. 2003. Perbanyakan Tanaman dengan Biji, stek, Cangkok, Sambung, Okulasi dan Kultur Jaringan. Kanisius. Yogyakarta. |
| 14. Yasman, I dan Hermawan, 2002. Pedoman Persemaian Dipterocarpaceae. Balitbang. Dephut. Jakarta. |
| 15. Zainal Abidin. 1998. Dasar-dasar Pengetahuan tentang Zat Pengatur Tumbuh. Angkasa. Bandung. |
| |
| | | |