| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKK117 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKK117 Skripsi |
| Semester di mana modul diajarkan | Setelah menempuh 138 sks |
| Penanggung jawab modul | Yuniarti,S.Hut,M.Si |
| Pengajar | Tim Dosen Pembimbing Skripsi dan Penguji |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 6 sks, dengan durasi =
170 min X 3 X 6 sks X 16 minggu =
48.960 min = 816 jam = 20,4 minggu (40
jam per minggu) = ± 5 bulan |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1. merumuskan permasalahan; 2) mencari literatur ilmiah serta menyusunnya secara sistematis; 3) mengembangkan atau merancang kegiatan ilmiah; 4) menganalisis data, mengolah, dan menginterpretasikan data; 5) membahas hasil pengolahan dan interpretasi data; 6) menarik kesimpulan dari suatu hasil pembahasan; 7) menyajikan secara ilmiah tugas akhir skripsi dalam bentuk tulisan; 8) menyajikan secara oral tugas akhir skripsi dan hasil pelaksanaan skripsi. |
| Isi | Selama mata kuliah ini, mahasiswa akan: 1) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan sesuai dengan sikap Karakter WAJA SAMPAI KA PUTING, dengan menjunjung tinggi nilai integritas, kejujuran, bekerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di masyarakat secara berkelanjutan; 2) Menerapkan kebijakan dan peraturan perundang-undangan kehutanan dalam rangka menegakkan supremasi hukum kehutanan yang berkeadilan; 3) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan pada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial; 5) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara professional dan bertanggungjawab terhadap pengelolaan hutan secara lestari (sustainable forest management) |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Praktik langsung di lapangan |
| Alat tulis dan papan tulis |
| Referensi | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |