41.        FMKB 401 Silvikultur Tropika
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKB401
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMKB401 Silvikultur Tropika
Semester modul diajarkanSemester 5
Penanggung JawabIr. H. Setia Budi Peran, MP
Pengajar1.    Ir. H. Setia Budi Peran, MP
2.    Prof.Ir. Basir, MSc., Phd
3.    Ir. Gt. Syeransyah Rudy, MP
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
SKS3 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiDengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu silvikultur tropis sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan silvikultur tropis berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Menerapkan metode dan teknologi tepat guna untuk mengatasi permasalahan silvikultur tropis dalam pengelolaan hutan lestari; 4) Menerapkan sistem silvikultur tropis dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya, biofisik, dan geospasial.
IsiPejantanpeserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Menerapkan metode dan teknologi yang tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan lestari.; 4) Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial.
Persyaratan Pembelajaran dan UjianCognitive: Tugas
Psychomotor: Latihan
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
MediaAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Lamprecht, H. 1989. Silvikultur di daerah tropis: Ekosistem hutan tropis dan spesies pohonnya – kemungkinan dan metode pemanfaatannya dalam jangka panjang. Eschborn: Jerman
2.       Momose, Y. (1978). Perbanyakan vegetatif pohon Malaysia. Rimbawan Malaysia, 41(3), 219–223. Momose, Y. (1978). Perbanyakan vegetatif pohon Malaysia. Rimbawan Malaysia, 41(3), 219–223.
3.       Ruhiyat, D. 1989. Perkembangan Cadangan Hara dalam Tanah pada Tegakan Alami dan Hutan Tanaman di Kalimantan Timur, Indonesia. Disertasi Doktor. Universitas Göttingen, Jerman
4.       Weidelt, HJ 1995. Silvikultur Hutan Alam Tropis (Terjemahan). Groningen: Institut Fuer Waldbau.
5.       Weidelt, HJ, & Banaag, VS (1982). Aspek pengelolaan dan silvikultur hutan dipterokarpa Filipina