29.        FMKB 104 Silvikultur
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKB104
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMKB 104 Silvikultur
Semester modul diajarkanSemester 4
Penanggung JawabProf.Dr.Ir. H.Gt. Muhammad Hatta., MS
Pengajar1.      Prof.Dr.Ir. H.Gt. Muhammad Hatta., MP
2.      Prof.Dr.Ir. H. Yudi Firmanul Arifin., M.Si.
3.      Prof.Dr.Ir. Basir, MP
4.      Dina Naemah,S.Hut., MP
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Online
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban Kerja·         Materi pembelajaran di eLearning: sinkron 2 x 20 menit
·         Ceramah dan diskusi : sinkron 2 x 30 menit
·         Pembelajaran Mandiri dan Tugas Terstruktur : 2 x 120 menit
SKS3 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menguasai konsep teoritis tentang pengertian hutan, silvikultur dan pengelolaan hutan lestari; 2) Memahami dan menguasai teknik silvikultur dalam kaitannya dengan tindakan silvikultur yang dikembangkan secara kreatif untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan masyarakat pada umumnya; 3) Memahami dan memahami tentang teknik dan sistem silvikultur dalam penerapannya dalam pengelolaan hutan dengan memanfaatkan informasi lintas disiplin ilmu.
IsiMahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 3) Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya, biofisik, dan geospasial.
Persyaratan Pembelajaran dan UjianKognitif: Tugas
Psikomotor: Latihan
Afektif : Dinilai dari unsur/variabel prestasi yaitu (a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa), (b) Tepat waktu, (c) Upaya.
MediaPerkuliahan dan diskusi daring melalui Zoom Meeting atau Gmeet dan forum diskusi di E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Barker, DH 1994. Vegetasi dan lereng. Stabilisasi, perlindungan dan ekologi. Thomas Thelford. London. 296 hal.
2.       Daniel, TW; JA Helms dan FD Baker. 1987. Prinsip-prinsip SILVIKULTUR. (Penterjemah: Djoko Marsono dan Oemi Hani'in Soeseno). Pers Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
3.       Dwijoseputro. 1983. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. PT. Gramedia Jakarta.231 hal
4.       Gadner. FP; R.Brent Pearce; RL Mitchell. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Penerbit Universitas Indonesia. 428 hal
5.       Ngadiono. 2005. 35 Tahun Pengelolaan Hutan Indonesia; Refleksi dan Prospek. Yayasan Adi Sanggoro. bogor.
6.       Salisbury,FB dan Clean W.Ross. 1995. Fisiologi Tumbuhan. Jilid 1 dan 2. Penerbit Institut Teknologi Bandung. 173 hal.
7.       Yudi Firmanul Arifin. 2018. Buku Ajar Silvikultur Tropika. Universitas Lambung Mangkurat Press.108pp
Tambahan:
1.       Brokaw, NVL 1987. Fase kesenjangan regenerasi tiga spesies pohon pionir di hutan tropis. J. Ekologi. 75:9-19
2.       Bit, WC 1982. Sistem tanam ganda dan pertanian tropis. Gower. Manila.
3.       Manik, Karden Eddy Sontang. 2004. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penerbit PT. Djambatan, Jakarta.
4.       Whitmore, TC 1991. Hutan hujan tropis di timur jauh (Penterjemah: Noraini Mohd. Tamin). Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia. Kuala Lumpur.