| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB104 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah | FMKB 104 Silvikultur |
| Semester modul diajarkan | Semester 4 |
| Penanggung Jawab | Prof.Dr.Ir. H.Gt. Muhammad Hatta., MS |
| Pengajar | 1. Prof.Dr.Ir. H.Gt. Muhammad Hatta., MP |
| 2. Prof.Dr.Ir. H. Yudi Firmanul Arifin., M.Si. |
| 3. Prof.Dr.Ir. Basir, MP |
| 4. Dina Naemah,S.Hut., MP |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Hubungan Kurikulum | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Online |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | · Materi pembelajaran di eLearning: sinkron 2 x 20 menit |
| · Ceramah dan diskusi : sinkron 2 x 30 menit |
| · Pembelajaran Mandiri dan Tugas Terstruktur : 2 x 120 menit |
| SKS | 3 SKS |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini |
| Persyaratan rekomendasi | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menguasai konsep teoritis tentang pengertian hutan, silvikultur dan pengelolaan hutan lestari; 2) Memahami dan menguasai teknik silvikultur dalam kaitannya dengan tindakan silvikultur yang dikembangkan secara kreatif untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan masyarakat pada umumnya; 3) Memahami dan memahami tentang teknik dan sistem silvikultur dalam penerapannya dalam pengelolaan hutan dengan memanfaatkan informasi lintas disiplin ilmu. |
| Isi | Mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 3) Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya, biofisik, dan geospasial. |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif: Tugas |
| Psikomotor: Latihan |
| Afektif : Dinilai dari unsur/variabel prestasi yaitu (a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa), (b) Tepat waktu, (c) Upaya. |
| Media | Perkuliahan dan diskusi daring melalui Zoom Meeting atau Gmeet dan forum diskusi di E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| 1. Barker, DH 1994. Vegetasi dan lereng. Stabilisasi, perlindungan dan ekologi. Thomas Thelford. London. 296 hal. |
| 2. Daniel, TW; JA Helms dan FD Baker. 1987. Prinsip-prinsip SILVIKULTUR. (Penterjemah: Djoko Marsono dan Oemi Hani'in Soeseno). Pers Universitas Gajah Mada. Yogyakarta. |
| 3. Dwijoseputro. 1983. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. PT. Gramedia Jakarta.231 hal |
| 4. Gadner. FP; R.Brent Pearce; RL Mitchell. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Penerbit Universitas Indonesia. 428 hal |
| 5. Ngadiono. 2005. 35 Tahun Pengelolaan Hutan Indonesia; Refleksi dan Prospek. Yayasan Adi Sanggoro. bogor. |
| 6. Salisbury,FB dan Clean W.Ross. 1995. Fisiologi Tumbuhan. Jilid 1 dan 2. Penerbit Institut Teknologi Bandung. 173 hal. |
| 7. Yudi Firmanul Arifin. 2018. Buku Ajar Silvikultur Tropika. Universitas Lambung Mangkurat Press.108pp |
| | Tambahan: |
| 1. Brokaw, NVL 1987. Fase kesenjangan regenerasi tiga spesies pohon pionir di hutan tropis. J. Ekologi. 75:9-19 |
| 2. Bit, WC 1982. Sistem tanam ganda dan pertanian tropis. Gower. Manila. |
| 3. Manik, Karden Eddy Sontang. 2004. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penerbit PT. Djambatan, Jakarta. |
| 4. Whitmore, TC 1991. Hutan hujan tropis di timur jauh (Penterjemah: Noraini Mohd. Tamin). Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia. Kuala Lumpur. |
| | |
| | |