20. FMKK 111 Silviks | |||
---|---|---|---|
Nama Modul | Pengantar | ||
Tingkat modul, jika ada | |||
Kode, jika ada | FMKK111 | ||
Subjudul, jika ada | - | ||
Mata Kuliah | FMKK 111 Silviks | ||
Semester modul diajarkan | Semester 3 | ||
Penanggung Jawab | Prof.Ir. Basir Achmad, MS, Ph.D. | ||
Pengajar | 1. Prof.Ir. Basir Achmad, MS, Ph.D. | ||
2. Ir. Noormela Rachmawati., MP | |||
3. Dina Naemah. S.Hut., MP | |||
4. Adistina Fitriani.S. Pondok., MP | |||
Bahasa | bahasa Indonesia | ||
Hubungan Kurikulum | |||
Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | ||
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |||
Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | ||
SKS | 2 SKS | ||
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | ||
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |||
Persyaratan rekomendasi | |||
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu konservasi alam dan pengelolaan satwa liar sesuai dengan perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan konservasi alam dan pengelolaan satwa liar berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Menerapkan sistem konservasi alam dan pengelolaan satwa liar dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial | ||
Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial. | ||
Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | ||
Psychomotor: Latihan | |||
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |||
Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | ||
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari | |||
Referensi | Utama: | ||
1. Djoko Marsono dan Oeni Hani di Suseno. 1987. Prinsip-Prinsip Silvikultur. Edisi Kedua.Gajah Mada university Press. | |||
2. Dwijoseputro, D. 1980. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. PT. Gramedia. Jakarta. | |||
3. Delvin, RM & FH Witham. 1983. Fisiologi Tumbuhan. Edisi ke-4. Penerbitan Wadsworth. Co.Belmont, California. | |||
4. Larcher, W. 1995. Ekologi Tumbuhan Fisiologis: Ekofisiologi dan Fisiologi Stres Gugus Fungsional. edisi ke-3. Springer-Verlag, Berlin. Manan, S. 1976. Silvikultur. Diktat Kuliah. Lembaga Kerjasama Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, Bogor. | |||
5. Odum, EP 1998. Dasar-dasar Ekologi. Edisi Ketiga (terjemahan). Pers Universitas Gadjah Mada. Onrizal. 2009. Bahan Ajar Silvika. USU. | |||
6. Soekotjo. 1977. Silvika. Diktat. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. | |||
7. Widyastuti, DE 2010. Sistem Silvikultur. Diklat WAS-GANISPHPL-BINHUT. | |||
Tambahan: | |||
1. Brokaw, NVL 1987. Fase kesenjangan regenerasi tiga spesies pohon pionir di hutan tropis. J. Ekologi. 75:9-19 | |||
2. Bit, WC 1982. Sistem tanam ganda dan pertanian tropis. Gower. Manila. | |||
3. Manik, Karden Eddy Sontang. 2004. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penerbit PT. Djambatan, Jakarta. | |||
Silviksrahman azzani2023-11-06T19:16:28+08:00