20.        FMKK 111 Silviks
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKK111
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMKK 111 Silviks
Semester modul diajarkanSemester 3
Penanggung JawabProf.Ir. Basir Achmad, MS, Ph.D.
Pengajar1.    Prof.Ir. Basir Achmad, MS, Ph.D.
2.    Ir. Noormela Rachmawati., MP
3.    Dina Naemah. S.Hut., MP
4.    Adistina Fitriani.S. Pondok., MP
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
SKS2 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiDengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu konservasi alam dan pengelolaan satwa liar sesuai dengan perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan konservasi alam dan pengelolaan satwa liar berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Menerapkan sistem konservasi alam dan pengelolaan satwa liar dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial
IsiPeserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial.
Persyaratan Pembelajaran dan UjianCognitive: Tugas
Psychomotor: Latihan
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
MediaAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Djoko Marsono dan Oeni Hani di Suseno. 1987. Prinsip-Prinsip Silvikultur. Edisi Kedua.Gajah Mada university Press.
2.       Dwijoseputro, D. 1980. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. PT. Gramedia. Jakarta.
3.       Delvin, RM & FH Witham. 1983. Fisiologi Tumbuhan. Edisi ke-4. Penerbitan Wadsworth. Co.Belmont, California.
4.       Larcher, W. 1995. Ekologi Tumbuhan Fisiologis: Ekofisiologi dan Fisiologi Stres Gugus Fungsional. edisi ke-3. Springer-Verlag, Berlin. Manan, S. 1976. Silvikultur. Diktat Kuliah. Lembaga Kerjasama Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
5.       Odum, EP 1998. Dasar-dasar Ekologi. Edisi Ketiga (terjemahan). Pers Universitas Gadjah Mada. Onrizal. 2009. Bahan Ajar Silvika. USU.
6.       Soekotjo. 1977. Silvika. Diktat. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
7.       Widyastuti, DE 2010. Sistem Silvikultur. Diklat WAS-GANISPHPL-BINHUT.
Tambahan:
1.       Brokaw, NVL 1987. Fase kesenjangan regenerasi tiga spesies pohon pionir di hutan tropis. J. Ekologi. 75:9-19
2.       Bit, WC 1982. Sistem tanam ganda dan pertanian tropis. Gower. Manila.
3.       Manik, Karden Eddy Sontang. 2004. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penerbit PT. Djambatan, Jakarta.