| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB404 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKB404 Rehabilitasi Hutan dan Lahan |
| Semester di mana modul diajarkan | Semester 6 |
| Penanggung jawab modul | Dra. Eny Dwi P, M.Si. |
| Pengajar | 1. Dra. Eny Dwi P, M.Si. |
| 2. Ir. H. Ahmad Yamani.,M.P. |
| 3. Dr. Ir. Hj. Eko Rini Indrayatie, M.P. |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | 1) Materi belajar dalam eLearning: 2 kali pertemuan sebesar 20 menit secara bersamaan 2)Kuliah dan diskusi: 2 kali pertemuan sebesar 30 menit secara bersamaan 3) Pembelajaran Mandiri dan Tugas Terstruktur |
| Poin kredit | 3 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat: 1) Memahami dengan detail tujuan rehabilitasi hutan dan lahan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi tingkat deforestasi di dalam dan di luar area hutan; 2) Menguasai teknik dan pola rehabilitasi hutan dan lahan untuk mengembalikan, menjaga, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga kapasitas bawaannya, produktivitas, dan peran dalam mendukung sistem pendukung kehidupan tetap terjaga; 3) Mengembangkan pola rehabilitasi hutan dan lahan dengan pendekatan lintas disiplin melalui aspek-aspek sosial-ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial. |
| Isi | Mahasiswa akan mampu: 1) Menginternalisasi semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan sesuai dengan sikap karakter WAJA SAMPAI KAPUTING, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerja sama, pembelajaran sepanjang hayat, keteguhan, kepedulian, tanggung jawab, dan disiplin dalam kehidupan masyarakat secara berkelanjutan.; 2) Mengaplikasikan ilmu dasar kehutanan dan menghubungkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya hutan hujan tropis.; 3) Melaksanakan kebijakan dan peraturan kehutanan untuk menjunjung tinggi supremasi hukum kehutanan yang adil.; 4) Mengimplementasikan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan lintas disiplin melalui aspek sosial-ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial. |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| 1. https://www.cifor.org. AA Nawir. Rehabilitasi Hutan Di Indonesia |
| 2. http://e prints.ulm.ac.id. M. Rusla, dkk. 2016. Pola Rehabilitasi Hutan dan Lahan |
| 3. https://jdih.menlhk.co.id. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan |
| 4. https://forestryinformation.wordpress.com. Teknik Pembibitan Tanaman Hutan |
| Tambahan |
| 1. http://Agroindonesia.co.id. 2019. Rehabilitas, Reklamasi, Restorasi, dan Recovery Hutan |
| 2. https://jdih.setkab.go.id. PP 76 Tahun 2008 Tentang Rehabilitasi Hutan dan Lahan (pasal 1) |
| 3. https://setkab.go.id. PP 26 Tahun 2020 Tentang Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan |