| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB110 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKB110 Praktik Kerja Lapangan (PKL) |
| Semester di mana modul diajarkan | Setelah mengambil mk prasyarat PKL yaitu: Iventarisasi Hutan, Silvikultur, Ekologi Hutan dan Lingkungan Lahan Basah, Ilmu Ukur Lahan, Ilmu Tanah Hutan, Perlindungan Hutan |
| Penanggung jawab modul | Yuniarti,S.Hut,M.Si |
| Pengajar | Dosen Pembimbing |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 2 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1. bekerjasama, bertanggung jawab dan disiplin dalam melakukan kegiatan praktik kerja lapang; 2) Mampu menyusun rencana kegiatan praktik kerja lapang bedasarkan landasan ilmiah sumberdaya hutan tropis secara lestari; 3) melakukan observasi dan menganalisis hasil observasi; 4) menghubungkan teori dengan praktek riil di lapangan; 5) menyajikan hasil observasi, analisis keterkaitan teori dan praktek dalam bentuk tulisan ilmiah. |
| Isi | Selama mata kuliah ini, mahasiswa akan: 1) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan sesuai dengan sikap Karakter WAJA SAMPAI KA PUTING, dengan menjunjung tinggi nilai integritas, kejujuran, bekerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di masyarakat secara berkelanjutan; 2) Menerapkan keilmuan dasar kehutanan dan menghubungkannya dalam pembangunan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara lestari; 3) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) Menerapkan metode dan teknologi yang tepat untuk memecahkan masalah pengelolaan hutan lestari; 5) Menerapkan metode dan teknologi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan secara lestari (sustainable forest management). |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| | Panduan PKL Fakultas Kehutanan ULM |
| | |
| | Tambahan: |
| | Referensi sesuai dengan meteri praktik |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |