50.        FMBB 201 Perhutanan Sosial
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMBB201
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMBB201 Perhutanan Sosial
Semester modul diajarkanSemester 5
Penanggung JawabHafizianor, S.Hut, MP
Pengajar1.      Hafizianor, S.Hut, MP
2.      Ir. Setia Budi Peran, MP
3.      Assyifa S.Hut, MP
4.      Rina Muhayah, S.Hut, MP
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Online
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban Kerja·         Materi pembelajaran di eLearning: sinkron 2 x 20 menit
·         Ceramah dan diskusi : sinkron 2 x 30 menit
·         Pembelajaran Mandiri dan Tugas Terstruktur : 2 x 120 menit
SKS3 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menerapkan pengetahuan dasar perhutanan sosial di bidang kehutanan dan mengaitkannya dalam kebijakan, pembangunan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis pengelolaan hutan konvensional dan perhutanan sosial melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 3) Menerapkan sistem pengelolaan perhutanan sosial pada hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial.
IsiMahasiswa mampu: 1) Menerapkan ilmu-ilmu dasar kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 3) Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial.
Persyaratan pembelajaran dan ujian serta bentuk ujianKognitif: Tugas
Psikomotor: Latihan
Afektif : Dinilai dari unsur/variabel prestasi yaitu (a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa), (b) Tepat waktu, (c) Upaya.
MediaPerkuliahan dan diskusi daring melalui Zoom Meeting atau Gmeet dan forum diskusi di E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Sahide, MAK (2001). Buku Ajar Perhutnan Sosial: Dari Tradisi, Diskursus Hingga Praktek. Universitas Hasanuddin Edmunds, DS, & Wollenberg, EK (Eds.). (2013). Pengelolaan hutan lokal: dampak kebijakan devolusi. Routledge.
2.       Agarwal, B. (2001). Pengecualian partisipatif, hutan kemasyarakatan, dan gender: Sebuah analisis untuk Asia Selatan dan kerangka konseptual. Perkembangan dunia, 29(10), 1623-1648.
3.       Bachtiar, Wardi. 2006. Sosiologi Klasik; Dari Comte Hingga Parsons. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. hal.362.
4.       Jones, Pip, 2010. Pengantar Teori-Teori Sosial; Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post-Modernisme. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta. hal.297.
Tambahan:
1.       Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Perhutanan Sosial
2.       Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan KehutananNomor P.18/MENLHK-II/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
3.       Ritzer, George. 1985.Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. CV. Rajawali. Jakarta. hal.181
4.       Simon, Hasanu. 2001. Pengelolaan Hutan Bersama Rakyat; Teori dan Aplikasi pada Hutan Jati di Jawa. Penerbitan BIGRAF. Yogyakarta. hal.229.
5.       Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.