35.        FMKB 108 Perencanaan Hutan
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKB108
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMKB 108 Perencanaan Hutan
Semester modul diajarkanSemester 5
Penanggung JawabDr.Ir. Ahmad Jauhari, MP
Pengajar1.    Dr.Ir. Ahmad Jauhari, MP
2.    Prof.Ir. Udiansyah, MP Phd.
3.    Dr.Ir. Mufidah Asyari, MP
4.    Rina Kanti S.Hut., MP
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
SKS3 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiDengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) menerapkan konsep dan standar mutu perencanaan hutan sesuai dengan perkembangan terkini dan terkini dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah berkelanjutan; 2) merumuskan perencanaan hutan untuk memberikan rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner kehutanan; 3) menerapkan Perencanaan Kehutanan secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan kepada komunitas ilmiah dan masyarakat.; 4) mempunyai kemampuan menyusun Perencanaan Kehutanan yang baik secara profesional dan bertanggung jawab untuk pengelolaan hutan lestari.
IsiPeserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah berkelanjutan; 2) Menyusun rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner kehutanan; 3) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan lestari.
Persyaratan Pembelajaran dan UjianCognitive: Tugas
Psychomotor: Latihan
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
MediaAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Khambali, I., & ST, M. (2017). Model Perencanaan Vegetasi Hutan Kota. Penerbit Andi.
2.       Sitorus, SR (2018). Perencanaan Penggunaan Lahan. PT Penerbit IPB Pers.
3.       Wollenberg, E., Edmunds, D., Buck, L., Fox, J., & Brodt, S. (2005). Pembelajaran sosial dalam pengelolaan hutan komunitas. Terjemahan oleh Suporahardjo). Bogor: Pustaka latin.
Tambahan:
1.       Maryudi, A., & Nawir, AA (2018). Hutan rakyat di simpang jalan. PERS UGM.
2.       Damanik, SE (2019). Perencanaan Pembangunan Kehutanan. Uwais Inspirasi Indonesia.
3.       Kebijakan mengenai Perencanaan hutan