| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKB108 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKB 108 Perencanaan Hutan | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Dr.Ir. Ahmad Jauhari, MP | |
| Pengajar | 1. Dr.Ir. Ahmad Jauhari, MP | |
| 2. Prof.Ir. Udiansyah, MP Phd. | |
| 3. Dr.Ir. Mufidah Asyari, MP | |
| 4. Rina Kanti S.Hut., MP | |
| | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 3 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) menerapkan konsep dan standar mutu perencanaan hutan sesuai dengan perkembangan terkini dan terkini dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah berkelanjutan; 2) merumuskan perencanaan hutan untuk memberikan rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner kehutanan; 3) menerapkan Perencanaan Kehutanan secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan kepada komunitas ilmiah dan masyarakat.; 4) mempunyai kemampuan menyusun Perencanaan Kehutanan yang baik secara profesional dan bertanggung jawab untuk pengelolaan hutan lestari. | |
| Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah berkelanjutan; 2) Menyusun rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner kehutanan; 3) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan lestari. | |
| |
| |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Khambali, I., & ST, M. (2017). Model Perencanaan Vegetasi Hutan Kota. Penerbit Andi. |
| 2. Sitorus, SR (2018). Perencanaan Penggunaan Lahan. PT Penerbit IPB Pers. |
| 3. Wollenberg, E., Edmunds, D., Buck, L., Fox, J., & Brodt, S. (2005). Pembelajaran sosial dalam pengelolaan hutan komunitas. Terjemahan oleh Suporahardjo). Bogor: Pustaka latin. |
| Tambahan: |
| 1. Maryudi, A., & Nawir, AA (2018). Hutan rakyat di simpang jalan. PERS UGM. |
| 2. Damanik, SE (2019). Perencanaan Pembangunan Kehutanan. Uwais Inspirasi Indonesia. |
| 3. Kebijakan mengenai Perencanaan hutan |
| | | |