47.        FMKB 112 Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKB112
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMKB112 Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan
Semester modul diajarkanSemester 5
Penanggung JawabIr. Fonny Rianawati, MP
Pengajar1.    Ir. Fonny Rianawati, MP
2.    Ir. Normela Rahmawati, MP
3.    Dr. Susilawati, S.Hut. anggota parlemen
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban Kerja·         Materi pembelajaran di eLearning: sinkron 2 x 20 menit
·         Ceramah dan diskusi : sinkron 2 x 30 menit
·         Pembelajaran Mandiri dan Tugas Terstruktur:
2x120 menit
SKS3 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiSetelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) menerapkan pengetahuan dasar tentang kebakaran hutan dan lahan serta menghubungkannya dengan pengelolaan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) menganalisis konsep pengendalian kebakaran hutan dan lahan menurut perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 3) merekomendasikan, tentang permasalahan pengendalian karhutla dengan menerapkan konsep pengendalian karhutla secara komprehensif dan prosedural; 4) menerapkan alat, proses, dan metode teknologi tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan kebakaran hutan dan lahan dalam pengelolaan hutan lestari. proses dan metode penyelesaian permasalahan kebakaran hutan dan lahan dalam pengelolaan hutan lestari.
IsiMahasiswa mampu: 1) menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) merumuskan rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner kehutanan; 3) menerapkan metode dan teknologi yang tepat untuk memecahkan permasalahan pengelolaan hutan lestari.
Persyaratan Pembelajaran dan UjianKognitif: Tugas
Psikomotor: Latihan
Afektif : Dinilai dari unsur/variabel prestasi yaitu (a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa), (b) Tepat waktu, (c) Upaya.
MediaPerkuliahan dan diskusi daring melalui Zoom Meeting atau Gmeet dan forum diskusi di E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Dove, MR Sistem Perladangan di Indonesia. Pers Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1988.
2.       EEPSEA dan WWF. 1998. Kebakaran dan Kabut Asap di Indonesia Tahun 1997: Kerugian Ekonomi. Program Ekonomi dan Lingkungan untuk Asia Tenggara dan World Wild Fund for Nature (WWF). 29 Mei 1998.
3.       Hardjanto, S.; S.Manan dan D.Suhardjito. 1999. Dampak Sosial Ekonomi Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia. Penanggulangan Kebakaran Hutan Terpadu di Indonesia. Lokakarya Internasional Kedua tentang Aspek Pengendalian dan Pemadaman Kebakaran Hutan. Departemen Kehutanan-IPB-GTZ-JICA. bogor.
4.       JICA. 1999. Kebakaran di Tanah Gambut. Proyek Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan. Departemen Kebakaran Hutan dan Perkebunan. Jakarta.
5.       Sagala. 1988. Pengendalian Api Pada Reboisasi di lahan alang-Alang di Tapin. Departemen Kehutanan. Direktorat Jendral RRL. Jakarta.
6.       Sagala. 1994. Mengelola Lahan Kehutanan Indonesia. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
7.       Sutisna, M; A.Idrawan dan FGSuratmo. 1999. Sistem Rehabilitasi Hutan Kita yang Terbakar. Penanggulangan Kebakaran Hutan Terpadu di Indonesia. Kedua.