| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKK115 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKK 115 Pengelolaan Hutan Hujan Tropis |
| Semester di mana modul diajarkan | Semester 6 |
| Penanggung jawab modul | Prof. Ir. Udiansyah, M.Si., Ph.D. |
| Pengajar | 1. Prof. Ir. Udiansyah, M.Si., Ph.D. |
| 2. Dr. Kissinger, S. Hut, M.Si |
| 3. Dr. Ir. Ahmad Jauhari, M.P. |
| 4. Rina Kanti, S.Hut., M.P. |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 2 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, para mahasiswa akan dapat: 1. Mengaplikasikan konsep dan standar kualitas pengelolaan hutan sesuai dengan perkembangan terbaru dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan. 2. Melaksanakan kebijakan hutan, hukum, dan peraturan dalam konteks pengelolaan hutan berkelanjutan. 3. Menjelaskan elemen-elemen dasar resep pengelolaan hutan dan mengaplikasikannya secara hipotetis dan praktis dalam hutan produksi, hutan lindung, hutan konservasi, hutan padang penggembalaan, dan hutan wisata. 4. Menjelaskan teknik pengelolaan hutan dalam hutan tua dan hutan non-tua dan mengaplikasikannya secara hipotetis dan praktis. 5. Melakukan Analisis Pengambilan Keputusan Pengelolaan Hutan secara hipotetis dan praktis. |
| Isi | Para mahasiswa akan mampu: 1) Mengaplikasikan konsep dan standar kualitas dalam manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur sesuai dengan perkembangan terbaru dalam Manajemen Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Melaksanakan kebijakan kehutanan dan hukum serta peraturan guna menjaga keadilan hukum kehutanan; 3) Menyusun rekomendasi untuk menyelesaikan masalah kehutanan dengan menggunakan konsep manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman lintas disiplin ilmu dalam ilmu kehutanan; 4) Mengaplikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pelayanan masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 5) Memiliki keterampilan manajerial yang baik dengan cara profesional dan bertanggung jawab untuk manajemen hutan yang berkelanjutan. |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| 1. Boyce G. S. 1995. Landscape Forestry.John Wiley & Sons, Inc. New York. Bettinger.B. 2009. Forest Management And Planning |
| 2. Clutter. L.J., J.C. Fortson, L.V. Pienaar, G.H. Brister, R.L. Bailey. 1983. Timber Management: A Quantitative Approach. John Wiley and Sons. Canada. Davis, K.P. 1978. Forest Management: Regulation and Valuation. McGwaw-Hill Book |
| 3. Davis.S. Lawrence., K.N. Johnson. 1987. Forest Management. Third Edition.McGwaw-Hill Book Company. Toronto. Raymond A. Young. 2003. Introduction to forest Ecosystem and Management. |
| 4. Supratman. 2009. Buku Ajar Manajemen Hutan. |
| 5. Kementerian Kehutanan dan Lingkungan. 2019. Status Hutan dan Kehutanan Indonesia 2018. FAO, NICFI, Kemitraan. Jakarta |
| 6. Leuschner. A.W. William. 1990. Forest Regulation, Harvest Scheduling, and Planning Tchniques. John Wiley and Sons, Inc.Singapore. Suharjito. D dkk. 2013. Pembangunan Kehutanan Indoensia Baru. Refleksi dan Inovasi Pemikiran |
| Tambahan: |
| Dokumen Kebijakan dan Dokumen Perencanaan Pengelolaan KPH |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |