11.        FMPK 105 Pendidikan Kewarganegaraan
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMPK105
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMPK 105 Pendidikan Kewarganegaraan
Semester modul diajarkanSemester 2
Penanggung JawabIr. H.Gt. Syeransyah Rudi, MP
Pengajar1.    Ir. H.Gt. Syeransyah Rudi, MP
2.    Ir. H. Setia Budi Peran, M.P
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
SKS3 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiDengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan nilai-nilai kemanusiaan, moral, dan etika dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang diwujudkan dalam penerapan kewarganegaraan dalam kehidupan bernegara. ; 2) menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan dan kewirausahaan sesuai dengan sikap karakter WAJA SAMPAI KA PUTING dalam kehidupan bernegara, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, peduli, tanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat yang berkelanjutan bagi kehidupan bangsa sesuai dengan ideologi bangsa.
IsiMahasiswa mampu: 1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan nilai-nilai kemanusiaan, moral, dan etika dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; 2) Menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan dan kewirausahaan sesuai dengan sikap karakter WAJA SAMPAI KA PUTING, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, peduli, tanggung jawab dan disiplin dalam tatanan sosial yang berkelanjutan. kehidupan.
Persyaratan Pembelajaran dan UjianCognitive: Tugas
Psychomotor: Latihan
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
MediaAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       UUD 1945 dan Amandemennya
2.       Kemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti 2006.
Tambahan:
1.       Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
2.       Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002
3.       Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000.
4.       Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005.
5.       Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
6.       Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006
7.       Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002
8.       Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000.
9.       Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005.
10.   Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006.