| 11. FMPK 105 Pendidikan Kewarganegaraan | |
---|
| Nama Modul | Pengantar | | | Tingkat modul, jika ada | | | | Kode, jika ada | FMPK105 | | | Subjudul, jika ada | - | | | Mata Kuliah | FMPK 105 Pendidikan Kewarganegaraan | | | Semester modul diajarkan | Semester 2 | | | Penanggung Jawab | Ir. H.Gt. Syeransyah Rudi, MP | | | Pengajar | 1. Ir. H.Gt. Syeransyah Rudi, MP | | | 2. Ir. H. Setia Budi Peran, M.P | | | Bahasa | bahasa Indonesia | | | Hubungan Kurikulum | | | | Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | | | Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | | | Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | | | SKS | 3 SKS | | | Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | | | 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | | | Persyaratan rekomendasi | | | | Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan nilai-nilai kemanusiaan, moral, dan etika dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang diwujudkan dalam penerapan kewarganegaraan dalam kehidupan bernegara. ; 2) menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan dan kewirausahaan sesuai dengan sikap karakter WAJA SAMPAI KA PUTING dalam kehidupan bernegara, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, peduli, tanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat yang berkelanjutan bagi kehidupan bangsa sesuai dengan ideologi bangsa. | | | Isi | Mahasiswa mampu: 1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan nilai-nilai kemanusiaan, moral, dan etika dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; 2) Menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan dan kewirausahaan sesuai dengan sikap karakter WAJA SAMPAI KA PUTING, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, peduli, tanggung jawab dan disiplin dalam tatanan sosial yang berkelanjutan. kehidupan. | | | Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | | | Psychomotor: Latihan | | Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | | | Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | | | presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari | | Referensi | Utama: | | | 1. UUD 1945 dan Amandemennya | | 2. Kemenristekdikti. 2016. Modul Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristekdikti 2006. | | Tambahan: | | 1. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 | | 2. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 | | 3. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. | | 4. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. | | 5. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 | | 6. Armaidy Armawi, Geostrategi Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006 | | 7. Azyumardi Azra, paradigma Baru Pendidikan Nasional dan Rekrontruksi dan Demokratisasi, Penerbit Kompas, Jakarta, 2002 | | 8. Bahar, Dr. Saefrodin, “Konteks Kenegaraan, Hak Asasi Manusia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2000. | | 9. Kaelan, Pendidikan Kewarganegaraan, UGM Press, Yogyakarta 2005. | | 10. Slamet Soemiarno, Geopolitik Indonesia, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006. | | | | |
|