| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB207 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKB207 Pemasaran Hasil Hutan |
| Semester di mana modul diajarkan | Semester 7 |
| Penanggung jawab modul | Ir. H. Gusti Syeransyah Rudy, MP |
| Pengajar | 1. Ir. H. Gusti Syeransyah Rudy, MP |
| 2. Dr. Hafizianor, S. Hut, MP |
| 3. Hj. Susilawati, S. Hut, MP |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 3 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat: 1) Menguasai konsep proses pembelajaran orang dewasa dalam proses komunikasi dan kegiatan penyuluhan di masyarakat; 2) Menguasai metode dan teknik dalam kegiatan penyuluhan dan fasilitator dalam layanan publik kehutanan; 3) Mengaplikasikan semua konsep, metode, dan teknik sebagai agen penyuluhan kehutanan dan fasilitator dengan cara yang bertanggung jawab dan profesional. |
| Isi | Mahasiswa akan dapat: 1) Mengaplikasikan ilmu kehutanan dasar dan menghubungkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan penggunaan berkelanjutan sumber daya hutan hujan tropis; 2) Beradaptasi, bekerja secara efektif secara mandiri dan dalam tim, serta membangun dan mengembangkan jaringan kolaboratif dalam pengelolaan hutan hujan tropis yang berkelanjutan; 3) Mempunyai keterampilan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab untuk pengelolaan hutan yang berkelanjutan. |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| 1. Sahide, M.A.K (2001). Buku Ajar Kehutanan Masyarakat: Dari Tradisi, Diskursus Hingga Praktek. Universitas Hasanuddin Edmunds, D. S., & Wollenberg, E. K. (Eds.). (2013). Local forest management: the impacts of devolution policies. Routledge. |
| 2. Agarwal, B. (2001). Participatory exclusions, community forestry, and gender: An analysis for South Asia and a conceptual framework. World development, 29(10), 1623-1648. |
| 3. Dr.Peni Pujiastuti, M.Si (2017). Bahan ajar pembelajaran orang Dewasa. Ristekdikti. Kopertis, Jawa Tengah. |
| 4. Bastaman, Arif. 2012. Materi dan Media Penyuluhan. Diklat Pembentukan Penyuluh Kehutanan Tingkat Ahli. Balai Diklat Kehutanan. Bogor. |
| 5. Angriani, E. 2016. Penyuluhan Kehutanan "Pemberdayaan Masyarakat melalui Penguatan Kelembagaan dan Pendampingan agar terjadi Masyarakat yang Produktif dan Mandiri Berbasis Pembangunan Hutan dan Kehutanan. Universitas Riau. Pekan Baru. |
| 6. Hidayat, Permata Ika. 2014. Buku Ajar penyuluhan dan Komunikasi . Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas kanjuruhan. Malang |
| 7. Morison. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Pranadamedia Grup. Jakarta |