| 81. FMKB 508 Pemanfaatan Limbah Industri |
---|
| Nama Modul | Pengantar | | Tingkat modul, jika ada | | | Kode, jika ada | FMKB508 | | Subjudul, jika ada | - | | Mata Kuliah, jika ada | FMKB508 Pemanfaatan Limbah Industri | | Semester di mana modul diajarkan | Semester 7 | | Penanggung jawab modul | Dr. Adi Rahmadi, S.Hut., M.T. | | Pengajar | 1. Dr. Adi Rahmadi, S.Hut., M.T. | | 2. Dr. Ir. Hj. Eko Rini Indrayatie, M.P. | | 3. Ir. Hj. Noormirad Sari, M.P. | | Bahasa | bahasa Indonesia | | Kaitannya dengan kurikulum | | | Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline | | Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | | Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | | Poin kredit | 3 SKS | | Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah | | 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah | | Prasyarat yang direkomendasikan | | | Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat: 1) Mengimplementasikan kebijakan dan hukum-hukum kehutanan dan peraturan untuk menegakkan aturan hukum kehutanan dalam penggunaan limbah industri dan pengelolaannya sesuai dengan hukum; 2) Mampu memproses, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan penggunaan limbah industri berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Mengaplikasikan metode dan teknologi limbah industri untuk memecahkan masalah dalam penggunaan limbah sehingga pengelolaan hutan dapat dilakukan secara berkelanjutan (manajemen hutan berkelanjutan). | | Isi | Mahasiswa akan dapat: 1) Mengimplementasikan kebijakan dan hukum-hukum kehutanan dan peraturan untuk menegakkan aturan hukum kehutanan yang adil; 2) Mampu memproses, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Mengaplikasikan metode dan teknologi yang sesuai untuk memecahkan masalah manajemen hutan berkelanjutan. | | Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk | | | | Psikomotor: Latihan | | | | Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | | Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | | presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari | | Referensi | Utama: | | 1. Bishop, P.L, 2001, Pollution Prevention: Fundamentals and Practice, McGraw-Hill, Boston. | | 2. Djajadiningrat, S.T, Famiola, M., 2004, Kawasan Industri Berwawasan Lingkungan, Rekayasa Sains, Bandung | | 3. Lowe, E.A., 2001, Eco-industrial Park Handbook for Asian Developing Countries, Indigo Development, Oakland. | | Tambahan: | | 1. Fleig, A., 2000, ECO-Industrial Parks. A Strategy towards Industrial ecology in Developing and Newly Industrialized Countries, GTZ | | 2. Metcalf & Eddy, Tcobanoglous, G., Burton, F.L,1991, Wastewater Engineering : Treatment,Disposal and Reuse, McGraw-Hill, New York | | 3. Higgins, T.E., 1995, Pollution Prevention Handbook, Lewis Publisher, Boca Raton | | 4. Van Berkel, R., 2001, Cleaner Production for Achieving Eco-efficiency in Australian Industry, Curtin University of Technology, Perth | | 5. Weston, N.C., Stuckey, D.C., 1994, Cleaners Technologies and the UK Chemical Industry | | 6. Trans IchemE, Vol 72, Part B, May 1994 |
|