| | | |
| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKB106 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKB 106 Pemanenan Hasil Hutan | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Ir. H. Kurdiansyah, MP | |
| Pengajar | 1. Ir. H. Kurdiansyah, MP | |
| 2. Ir. H.Gt. AR. Thamrin, MP | |
| 3. Ir. M.Faisal Mahdi, MP | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Tatap Muka & Daring | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 3 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) menguasai konsep teoritis pemanenan hasil hutan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sumber daya alam dalam berbagai kepentingan; 2) menerapkan peraturan perundang-undangan pokok kehutanan tentang pembagian fungsi hutan, dalam pelaksanaan pemanenan hasil hutan di lapangan; 3) menerapkan peraturan pada sistem TPTI dan kegiatan pemanenan hasil hutan | |
| Isi | Pejantanpeserta mampu: 1) menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/hasil hutan teknologi/silvikultur sesuai dengan perkembangan terkini dan terhebat dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) menyusun rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner kehutanan; 3) penerapan hutan hujan tropis basah sistem pengelolaan dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya, biofisik, dan geospasial | |
| |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. UUPK no 41 tahun 1999, KLHK |
| 2. Dephut, 1989. Pedoman TPTI. Jakarta |
| 3. Dephutbun, 2000. Prinsip dan praktik pemanenan hasil hutan di Indonesia |
| 4. Dephut 2001, prosiding. Lokakarya penebangan hutan ramah lingkungan menujunpengelolan hutan berkelanjutan, jakarta |
| 5. Dephut, 1992. SK dirjen PH no. 230/Kpts/IV-TPHH/1992 tentang petunjuk teknis tata usaha kayu. Jakarta |
| 6. Dykstra, DP dan R. Hemrich., 1995. Kode model praktik pemanenan hutan FAO, FAO, Roma |
| 7. Elias. 2002. Mengurangi Dampak Logging jilid 1 dan 2. Pers IPB, Bogor |
| 8. Elias. 1994. Teknik Perencanaan Pembukaan Wilayah Hutan, Spesifikasi dan Standar Teknis Jalan Hutan. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor |
| 9. Perum Perhutani, 1990. Instruksi penyelenggaraan tebang habis hutan jati, Jakarta |
| 10. Perum perhutni, 1993. Pedoman Pembagian batang kayu bulat jati, jakarta |
| 11. Kurdiansyah. Dkk. 2005. Pemanenan Hasil Hutan. Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005. |
| Tambahan: |
| 1. Bambang Pranggodo. 1980. Teknik Kehutanan (Diklat). Pusat Pendidikan Kehutanan Cepu. Direksi Perum Perhutani |
| 2. John G.Haygreen (ed). 1986. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu. Suatu Pengantar. Universitas Gadjah Mada Prees |
| 3. PT. Sumalindo lestari jaya, 2004. Implementasi RIL dalam perspektif pengelolaan hutan lestari, seminar, peluang dan tantangan penerapan RIL , Palangkaraya |
| |
| 4. Zainal Arifin. 1974. Teknik Pembuatan Jalan dan Pengangkutan Kayu pada PT. BFI di Kalimantan Timur. Laporan no.32 LPHH Bogor | |
| 5. Kurdiansyah (ed). 2005. Keteknikan Kehutanan. Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005. |
| 6. Slamet Mulyono, 1995. Bahan bacaan MK eksploitasi hutan, Unmul, Samarinda. |
| | | |