32. FMPB 105 Metode Ilmiah | |||
---|---|---|---|
Nama Modul | Pengantar | ||
Tingkat modul, jika ada | |||
Kode, jika ada | FMPB105 | ||
Subjudul, jika ada | - | ||
Mata Kuliah | FMPB 105 Metode Ilmiah | ||
Semester modul diajarkan | Semester 5 | ||
Penanggung Jawab | Prof.Dr.Ir. M. Arief Soendjoto, M.Si | ||
Pengajar | 1. Prof.Dr.Ir. M. Arief Soendjoto, M.Si | ||
2. Dr.Ir. Daniel Itta, MS | |||
3. Dr.Ir. Hafiziannor, S.Hut,MP | |||
4. Wiwin Tyas Istikowati, S.Hut, M.Si. Ph.D | |||
Bahasa | bahasa Indonesia | ||
Hubungan Kurikulum | |||
Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | ||
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |||
Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | ||
SKS | 2 SKS | ||
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | ||
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |||
Persyaratan rekomendasi | |||
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) menerapkan konsep dan standar metode ilmiah dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah secara berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan metode ilmiah dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Menerapkan metode ilmiah melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) menerapkan metode ilmiah yang tepat untuk memecahkan masalah pengelolaan hutan lestari. | ||
Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah berkelanjutan; 2) Mampu mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) Menerapkan metode dan teknologi yang tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan lestari. | ||
Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | ||
Psychomotor: Latihan | |||
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |||
Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | ||
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari | |||
Referensi | Utama: | ||
1. Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.Bandung | |||
2. Moleong, Lexy.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.Bandung | |||
3. Patton,MQ 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.Jogjakarta | |||
4. Saebani, BA 2015. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian . Pustaka Setia. Bandung | |||
5. Suharjito,Didik, 2014. Pengantar Metodologi Penelitian. Pers IPB. bogor | |||
6. Saebani, BA 2015. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian . Pustaka Setia. Bandung | |||
7. RPS Prodi Kehutanan | |||
8. Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Adi Mahasatya. | |||
9. Nazir M. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. | |||
Tambahan: | |||
1. Suharjito,Didik, 2014. Pengantar Metodologi Penelitian. Pers IPB. bogor. | |||
2. Saebani, BA 2015. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian . Pustaka Setia. Bandung. | |||
Metode Ilmiahrahman azzani2023-11-06T19:59:10+08:00