32.        FMPB 105 Metode Ilmiah
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMPB105
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMPB 105 Metode Ilmiah
Semester modul diajarkanSemester 5
Penanggung JawabProf.Dr.Ir. M. Arief Soendjoto, M.Si
Pengajar1.    Prof.Dr.Ir. M. Arief Soendjoto, M.Si
2.    Dr.Ir. Daniel Itta, MS
3.    Dr.Ir. Hafiziannor, S.Hut,MP
4.    Wiwin Tyas Istikowati, S.Hut, M.Si. Ph.D
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
SKS2 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiMelalui mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) menerapkan konsep dan standar metode ilmiah dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah secara berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan metode ilmiah dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Menerapkan metode ilmiah melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) menerapkan metode ilmiah yang tepat untuk memecahkan masalah pengelolaan hutan lestari.
IsiPeserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah berkelanjutan; 2) Mampu mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) Menerapkan metode dan teknologi yang tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan lestari.
Persyaratan Pembelajaran dan UjianCognitive: Tugas
Psychomotor: Latihan
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
MediaAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.Bandung
2.       Moleong, Lexy.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.Bandung
3.       Patton,MQ 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.Jogjakarta
4.       Saebani, BA 2015. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian . Pustaka Setia. Bandung
5.       Suharjito,Didik, 2014. Pengantar Metodologi Penelitian. Pers IPB. bogor
6.       Saebani, BA 2015. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian . Pustaka Setia. Bandung
7.       RPS Prodi Kehutanan
8.       Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Adi Mahasatya.
9.       Nazir M. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tambahan:
1.       Suharjito,Didik, 2014. Pengantar Metodologi Penelitian. Pers IPB. bogor.
2.       Saebani, BA 2015. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian . Pustaka Setia. Bandung.