| 5. FMKK 101 Matematika |
---|
| Nama Modul | Pengantar | | Tingkat modul, jika ada | | | Kode, jika ada | FMKK101 | | Subjudul, jika ada | - | | Mata Kuliah | FMKK 101 Matematika | | Semester modul diajarkan | Semester 1 | | Penanggung Jawab | Ir. Sulaiman Bakrie, MS | | Pengajar | 1. Wiwin Tyas Istikowati, S.Hut., M.Si., Ph.D | | 2. Siti Hamidah, S.Hut., MP | | 3. Ir. Sulaiman Bakrie, MS | | Bahasa | bahasa Indonesia | | Hubungan Kurikulum | | | Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | | Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | | Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | | SKS | 2 SKS | | Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | | 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | | Persyaratan rekomendasi | | | Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) Menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan sesuai dengan sikap Karakter WAJA SAMPAI KA PUTING dalam pembelajaran matematika sehari-hari, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, pembelajaran sepanjang hayat, pantang menyerah, kepedulian, tanggung jawab, dan disiplin dalam kehidupan di tempat kerja. masyarakat secara berkelanjutan berdasarkan pengetahuan yang dipelajari.; 2) Menerapkan matematika di bidang kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan. | | Isi | Peserta akan mampu: 1) Menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan sesuai dengan sikap Karakter WAJA SAMPAI KA PUTING, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, kepedulian, tanggung jawab, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat secara berkelanjutan.; 2) Menerapkan ilmu-ilmu dasar kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan | | Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | | Psychomotor: Latihan | | Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | | Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | | presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari | | Membaca daftar | Utama: | | 1. YULIDA, Y. (2020). SERTIFIKAT: Buku Ajar Matode Matematika. | | 2. Amir, MF, & Prasojo, BH (2017). Buku Ajar Matematika Dasar. Umsida Pers, 1-197. | | Tambahan: | | 1. Yahya, Y., Suryadi, Agus. (2004). Matematika Dasar untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:Ghalia Indonesia. | | 2. Karso, (1997). Elemen Logika. Universitas Terbuka | | 3. Seymor Lipschutz, dan Pantur Silaban. (1995). Teori Himpunan. Penerbit Erlangga | | | |
|