44.             FMKK 115 Manajemen Hutan Tropika Basah
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKK115
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMKK 115 Manajemen Hutan Tropika Basah
Semester modul diajarkanSemester 5
Penanggung JawabProf.Ir. Udiansyah, M.Si., Ph.D.
Pengajar1.    Prof.Ir. Udiansyah, M.Si., Ph.D.
2.    Kissinger, S.Hut, M.Si
3.    Dr.Ir. Ahmad Jauhari, MP
4.    Rina Kanti, S.Hut., MP
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
SKS2 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiDengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan sesuai dengan perkembangan terkini dan terhebat dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Melaksanakan kebijakan kehutanan dan peraturan perundang-undangan dalam rangka pengelolaan hutan lestari; 3) menjelaskan unsur-unsur dasar pedoman pengelolaan hutan dan menerapkannya secara hipotetis dan praktis pada hutan produksi, hutan lindung, hutan konservasi, hutan penggembalaan, hutan wisata; 4) menjelaskan teknik pengelolaan hutan pada hutan tua dan hutan tidak tua serta menerapkannya secara hipotetis dan praktis; 5) melakukan Analisis Pengambilan Keputusan Pengelolaan Hutan secara hipotetis dan praktis.
IsiPeserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/hasil hutan
teknologi/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Melaksanakan kebijakan dan peraturan perundang-undangan kehutanan dalam rangka menegakkan supremasi hukum kehutanan yang berkeadilan; 3) Menyusun rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner ilmu kehutanan; 4) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 5) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan lestari.
Persyaratan Pembelajaran dan UjianCognitive: Tugas
Psychomotor: Latihan
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
MediaAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Boyce GS 1995. Kehutanan Lansekap. John Wiley & Sons, Inc. New York. Taruhan.B. 2009. Pengelolaan Dan Perencanaan Hutan
2.       Kekacauan. LJ, JC Fortson, LV Pienaar, GH Brister, RL Bailey. 1983. Pengelolaan Kayu: Pendekatan Kuantitatif. John Wiley dan Putra. Kanada. Davis, KP 1978. Pengelolaan Hutan: Regulasi dan Penilaian. Buku McGwaw-Hill
3.       Davis.S. Lawrence., KN Johnson. 1987. Pengelolaan Hutan. Edisi Ketiga. Perusahaan Buku McGwaw-Hill. Toronto. Raymond A. Muda. 2003. Pengantar Ekosistem dan Pengelolaan Hutan.
4.       Supratman. 2009. Buku Ajar Manajemen Hutan.
5.       Kementerian Kehutanan dan Lingkungan. 2019. Status Hutan dan Kehutanan Indonesia 2018. FAO, NICFI, Kemitraan. Jakarta
6.       Leuschner. AW William. 1990. Peraturan Hutan, Penjadwalan Panen, dan Teknik Perencanaan. John Wiley and Sons, Inc.Singapura. Suharjito. D dkk. 2013. Pembangunan Kehutanan Indoensia Baru. Refleksi dan Inovasi Pemikiran
Tambahan:
1.       Dokumen Kebijakan dan Dokumen Perencanaan Pengelolaan KPH