| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKK115 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKK 115 Manajemen Hutan Tropika Basah | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Prof.Ir. Udiansyah, M.Si., Ph.D. | |
| Pengajar | 1. Prof.Ir. Udiansyah, M.Si., Ph.D. | |
| 2. Kissinger, S.Hut, M.Si | |
| 3. Dr.Ir. Ahmad Jauhari, MP | |
| 4. Rina Kanti, S.Hut., MP | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 2 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan sesuai dengan perkembangan terkini dan terhebat dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Melaksanakan kebijakan kehutanan dan peraturan perundang-undangan dalam rangka pengelolaan hutan lestari; 3) menjelaskan unsur-unsur dasar pedoman pengelolaan hutan dan menerapkannya secara hipotetis dan praktis pada hutan produksi, hutan lindung, hutan konservasi, hutan penggembalaan, hutan wisata; 4) menjelaskan teknik pengelolaan hutan pada hutan tua dan hutan tidak tua serta menerapkannya secara hipotetis dan praktis; 5) melakukan Analisis Pengambilan Keputusan Pengelolaan Hutan secara hipotetis dan praktis. | |
| Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/hasil hutan | |
| | teknologi/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Melaksanakan kebijakan dan peraturan perundang-undangan kehutanan dalam rangka menegakkan supremasi hukum kehutanan yang berkeadilan; 3) Menyusun rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner ilmu kehutanan; 4) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 5) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan lestari. | |
| |
| |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Boyce GS 1995. Kehutanan Lansekap. John Wiley & Sons, Inc. New York. Taruhan.B. 2009. Pengelolaan Dan Perencanaan Hutan |
| 2. Kekacauan. LJ, JC Fortson, LV Pienaar, GH Brister, RL Bailey. 1983. Pengelolaan Kayu: Pendekatan Kuantitatif. John Wiley dan Putra. Kanada. Davis, KP 1978. Pengelolaan Hutan: Regulasi dan Penilaian. Buku McGwaw-Hill |
| 3. Davis.S. Lawrence., KN Johnson. 1987. Pengelolaan Hutan. Edisi Ketiga. Perusahaan Buku McGwaw-Hill. Toronto. Raymond A. Muda. 2003. Pengantar Ekosistem dan Pengelolaan Hutan. |
| 4. Supratman. 2009. Buku Ajar Manajemen Hutan. |
| 5. Kementerian Kehutanan dan Lingkungan. 2019. Status Hutan dan Kehutanan Indonesia 2018. FAO, NICFI, Kemitraan. Jakarta |
| 6. Leuschner. AW William. 1990. Peraturan Hutan, Penjadwalan Panen, dan Teknik Perencanaan. John Wiley and Sons, Inc.Singapura. Suharjito. D dkk. 2013. Pembangunan Kehutanan Indoensia Baru. Refleksi dan Inovasi Pemikiran |
| Tambahan: |
| 1. Dokumen Kebijakan dan Dokumen Perencanaan Pengelolaan KPH |
| | | |