| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKB107 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKB107 Konservasi Sumber Daya Hutan | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Prof.Dr. H.Ir.Syarifuddin Kadir, M.Si | |
| Pengajar | 1. Prof.Dr. H.Ir.Syarifuddin Kadir, M.Si | |
| 2. Badaruddin, S.Hut, MP | |
| 3. Dr Kissinger, S.Hut, Msi | |
| 4. Khairun Nisa, S.Hut, MP | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Tatap Muka & Daring | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 3 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) Mampu menjelaskan konsep dasar Konservasi Sumber Daya Hutan dan hubungannya dengan bidang ilmu lain; 2) Mampu menjelaskan pentingnya Konservasi Sumber Daya Hutan di kawasan Hutan Hujan Tropis; 3) Mampu membuat rumusan mengenai penerapan prinsip Konservasi Sumber Daya Hutan untuk pemanfaatan sumber daya alam khususnya sumber daya alam hayati secara berkelanjutan. | |
| Isi | Peserta mampu: 1) menginternalisasikan etika profesional kehutanan yang mencakup integritas dan tanggung jawab, kepedulian terhadap lingkungan, dan sikap kepemimpinan demokratis; 2) Memiliki keterampilan belajar sepanjang hayat berupa kemampuan berpikir logis dan kritis, berkomunikasi secara efektif, bekerja dalam tim interdisipliner, beradaptasi dan berkontribusi pada masyarakat, serta mengoperasikan teknologi informasi di bidang kehutanan; 3) mendemonstrasikan konsep dasar ilmu kehutanan, ekologi dan Konservasi Sumber Daya Hutan | |
| |
| |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Coates, BJ, KD Uskup, D. Gardner. 1997. Panduan Lapangan Burung-Burung di Kawasan Hutan Hujan Tropis. Kehidupan Burung Internasional |
| 2. Indrawan, M., RB Primack, J. Suriatna. 2007. Konservasi Biologi Sumberdaya Hutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
| 3. Primack, RB 1993. Esensi Biologi Konservasi. Sinauer Associates Inc., Sunderland AS |
| 4. Soehartono, T. dan A. Mardiastuti. 2003. Pelaksanaan Kenvensi CITES di Indonesia. Badan Kerja Sama Internasional Jepang |
| 5. Supriatna, J. Konservasi Sumberdaya Hutan Biodiversitas, 2018. Teori dan Praktek di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
| 6. WALHI dan GTZ. 1995. Strategi Keanekaragaman Hayati Global. Percetakan PT Gramedia Jakarta. |
| |
| | | |