| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMBB102 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMBB 102 Komunikasi dan Penyuluhan Kehutanan | |
| Semester modul diajarkan | Semester 3 | |
| Penanggung Jawab | Hafizianor, S.Hut, MP | |
| Pengajar | 1. Hafizianor, S.Hut, MP | |
| 2. Hj. Ir. Fonny Rianawati, MP | |
| 3. Asysyifa, S.Hut, MP | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 3 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) menerapkan pengetahuan dasar kehutanan dalam kegiatan komunikasi dan penyuluhan serta mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) beradaptasi, bekerja secara efektif secara mandiri dan tim dalam kegiatan komunikasi dan sosialisasi serta membangun dan mengembangkan jaringan kolaboratif dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah yang berkelanjutan; 3) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dalam komunikasi dan penyuluhan pengelolaan hutan lestari | |
| Isi | Pejantanpeserta akan mampu: 1) Menerapkan ilmu-ilmu dasar kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) beradaptasi, bekerja efektif secara mandiri dan tim, serta membangun dan mengembangkan jaringan kolaboratif dalam pengelolaan hutan hujan tropis lestari.; 3) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan lestari | |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| Psychomotor: Latihan |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Sahide, MAK (2001). Buku Ajar Kehutanan Masyarakat: Dari Tradisi, Diskursus Hingga Praktek. Universitas Hasanuddin Edmunds, DS, & Wollenberg, EK (Eds.). (2013). Pengelolaan hutan lokal: dampak kebijakan devolusi. Routledge. |
| 2. Agarwal, B. (2001). Pengecualian partisipatif, hutan kemasyarakatan, dan gender: Sebuah analisis untuk Asia Selatan dan kerangka konseptual. Perkembangan dunia, 29(10), 1623-1648. |
| 3. Dr.Peni Pujiastuti, M.Si (2017). Bahan terbuka pembelajaran orang Dewasa. Ristekdikti. Kopertis, Jawa Tengah. |
| 4. Bastaman, Arif. 2012. Materi dan Media Penyuluhan. Diklat Pembentukan Penyuluh Kehutanan Tingkat Ahli. Balai Diklat Kehutanan. bogor. |
| 5. Angriani, E. 2016. Penyuluhan Kehutanan “Pemberdayaan Masyarakat melalui Penguatan Kelembagaan dan Pendampingan agar terjadi Masyarakat yang Produktif dan Mandiri Berbasis Pembangunan Hutan dan Kehutanan. Universitas Riau. Pekan Baru. |
| 6. Hidayat, Permata Ika. 2014. Buku Ajar Penyuluhan dan Komunikasi. Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas kanjuruhan. Malang |
| 7. Morison. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Pranadamedia Grup. Jakarta |
| | | |