19.       FMBB 102 Komunikasi dan Penyuluhan Kehutanan
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMBB102
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMBB 102 Komunikasi dan Penyuluhan Kehutanan
Semester modul diajarkanSemester 3
Penanggung JawabHafizianor, S.Hut, MP
Pengajar1.    Hafizianor, S.Hut, MP
2.    Hj. Ir. Fonny Rianawati, MP
3.    Asysyifa, S.Hut, MP
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
SKS3 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiSetelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) menerapkan pengetahuan dasar kehutanan dalam kegiatan komunikasi dan penyuluhan serta mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) beradaptasi, bekerja secara efektif secara mandiri dan tim dalam kegiatan komunikasi dan sosialisasi serta membangun dan mengembangkan jaringan kolaboratif dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah yang berkelanjutan; 3) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dalam komunikasi dan penyuluhan pengelolaan hutan lestari
IsiPejantanpeserta akan mampu: 1) Menerapkan ilmu-ilmu dasar kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) beradaptasi, bekerja efektif secara mandiri dan tim, serta membangun dan mengembangkan jaringan kolaboratif dalam pengelolaan hutan hujan tropis lestari.; 3) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan lestari
Persyaratan Pembelajaran dan UjianCognitive: Tugas
Psychomotor: Latihan
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
MediaAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Sahide, MAK (2001). Buku Ajar Kehutanan Masyarakat: Dari Tradisi, Diskursus Hingga Praktek. Universitas Hasanuddin Edmunds, DS, & Wollenberg, EK (Eds.). (2013). Pengelolaan hutan lokal: dampak kebijakan devolusi. Routledge.
2.       Agarwal, B. (2001). Pengecualian partisipatif, hutan kemasyarakatan, dan gender: Sebuah analisis untuk Asia Selatan dan kerangka konseptual. Perkembangan dunia, 29(10), 1623-1648.
3.       Dr.Peni Pujiastuti, M.Si (2017). Bahan terbuka pembelajaran orang Dewasa. Ristekdikti. Kopertis, Jawa Tengah.
4.       Bastaman, Arif. 2012. Materi dan Media Penyuluhan. Diklat Pembentukan Penyuluh Kehutanan Tingkat Ahli. Balai Diklat Kehutanan. bogor.
5.       Angriani, E. 2016. Penyuluhan Kehutanan “Pemberdayaan Masyarakat melalui Penguatan Kelembagaan dan Pendampingan agar terjadi Masyarakat yang Produktif dan Mandiri Berbasis Pembangunan Hutan dan Kehutanan. Universitas Riau. Pekan Baru.
6.       Hidayat, Permata Ika. 2014. Buku Ajar Penyuluhan dan Komunikasi. Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas kanjuruhan. Malang
7.       Morison. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Pranadamedia Grup. Jakarta