17.        FMKK 109 Kimia Kayu dan Bahan Hayati
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKK109
Subjudul, jika ada-
Mata KuliahFMKK 109 Kimia Kayu dan Bahan Hayati
Semester modul diajarkanSemester 3
Penanggung JawabIr. Budi Sutiya, MP
Pengajar1.    Ir. Budi Sutiya, MP
2.    Yuniarti, S.Hut., MP
3.    Trisnu Satriadi, S.Hut., MP
4.    Siti Hamidah, S.Hut., MP
Bahasabahasa Indonesia
Hubungan Kurikulum
Jenis Pengajaran dan KontrakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
SKS3 SKS
Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian1. Terdaftar dalam kursus ini
2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini
Persyaratan rekomendasi
Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin DicapaiDengan menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu teknologi hasil hutan dalam pelaksanaan analisis kimia bahan kayu dan biologi sesuai dengan perkembangan terkini dan terhebat dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis dan mengambil keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan bahan kimia dan biologi kayu berdasarkan data dan informasi aktual dengan pertimbangan logis, rasional dan ilmiah.; 3) Menerapkan metode dan teknologi tepat guna dalam mengidentifikasi bahan kimia dan biologi kayu untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan dan lingkungan secara berkelanjutan (Sustainable forest management).
IsiPeserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional dan ilmiah.; 3) Menerapkan metode dan teknologi yang tepat guna untuk memecahkan permasalahan pengelolaan hutan lestari (Sustainable forest management).
Persyaratan Pembelajaran dan UjianCognitive: Tugas
Psychomotor: Latihan
Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
Media digunakanAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
Membaca daftarUtama:
1.       Anonim, 1961. Persatuan Teknik Industri Pulp dan Kertas (TAPPI). S60 Lexington Avenol. New York.
2.       Brown, HP, AJ Panshin dan CC Forsaith, 1952. Buku Ajar Teknologi Kayu, Vol II. Perusahaan Buku Mc Graw Hill Inc.New York.
3.       Fengel, D dan G. Wegener, 1984. Kimia Kayu, Struktur Ultra, Reaksi. Walter de Gruyter. Berlin. New York.
4.       Garves, K, 1989. Kimia Celulosa, Hemiselulosa, dan Pulping. Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Samarinda.
5.       Haygreen, JG, dan JL Bowyer, 1982. Hasil Hutan dan Ilmu Pengetahuan, tentang Pendahuluan. Pers Universitas Negeri Iowa. Ames. Iowa (Terjemahan oleh Sutjipto A. Hadikusumo. Gadjahmada University Press).
6.       Panshin, AJ dan C. De Zeeuw, 1964. Buku Ajar Teknologi Kayu Jilid I. Edisi Ketiga. Perusahaan McGraw-Hill Dook. New York.
7.       Scharai-Rad, M, 1983. Diktat Kuliah Kimia Kayu. Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Samarinda.
8.       Suminar, S. Achmadi, 1988. Diktat Bahan Kuliah Kimia Kayu. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. bogor.
9.       Journal dan Laporan Penelitian yang berhubungan dengan Ilmu Kimia Kayu.
Tambahan:
1.       Soenardi, 1976. Diktat Kimia Kayu. Yayasan Pembina Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
2.       Sjoestroem, E, 1981. Kimia Kayu, Dasar-Dasar dan Aplikasinya Academic Press, Ins. New York.
3.       Wenal, HFJ, 1970. Teknologi Kimia dari Wood Academic Press, Inc. New York.
4.       Kollmann, FFP dan WA Jr. Cote, 1968. Prinsip Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kayu Jilid I. Solid Wood Springer-Vlag.New York.