| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKK109 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah | FMKK 109 Kimia Kayu dan Bahan Hayati |
| Semester modul diajarkan | Semester 3 |
| Penanggung Jawab | Ir. Budi Sutiya, MP |
| Pengajar | 1. Ir. Budi Sutiya, MP |
| 2. Yuniarti, S.Hut., MP |
| 3. Trisnu Satriadi, S.Hut., MP |
| 4. Siti Hamidah, S.Hut., MP |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Hubungan Kurikulum | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| SKS | 3 SKS |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini |
| Persyaratan rekomendasi | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu teknologi hasil hutan dalam pelaksanaan analisis kimia bahan kayu dan biologi sesuai dengan perkembangan terkini dan terhebat dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis dan mengambil keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan bahan kimia dan biologi kayu berdasarkan data dan informasi aktual dengan pertimbangan logis, rasional dan ilmiah.; 3) Menerapkan metode dan teknologi tepat guna dalam mengidentifikasi bahan kimia dan biologi kayu untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan dan lingkungan secara berkelanjutan (Sustainable forest management). |
| Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional dan ilmiah.; 3) Menerapkan metode dan teknologi yang tepat guna untuk memecahkan permasalahan pengelolaan hutan lestari (Sustainable forest management). |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas |
| Psychomotor: Latihan |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Membaca daftar | Utama: |
| 1. Anonim, 1961. Persatuan Teknik Industri Pulp dan Kertas (TAPPI). S60 Lexington Avenol. New York. |
| 2. Brown, HP, AJ Panshin dan CC Forsaith, 1952. Buku Ajar Teknologi Kayu, Vol II. Perusahaan Buku Mc Graw Hill Inc.New York. |
| 3. Fengel, D dan G. Wegener, 1984. Kimia Kayu, Struktur Ultra, Reaksi. Walter de Gruyter. Berlin. New York. |
| 4. Garves, K, 1989. Kimia Celulosa, Hemiselulosa, dan Pulping. Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Samarinda. |
| 5. Haygreen, JG, dan JL Bowyer, 1982. Hasil Hutan dan Ilmu Pengetahuan, tentang Pendahuluan. Pers Universitas Negeri Iowa. Ames. Iowa (Terjemahan oleh Sutjipto A. Hadikusumo. Gadjahmada University Press). |
| 6. Panshin, AJ dan C. De Zeeuw, 1964. Buku Ajar Teknologi Kayu Jilid I. Edisi Ketiga. Perusahaan McGraw-Hill Dook. New York. |
| 7. Scharai-Rad, M, 1983. Diktat Kuliah Kimia Kayu. Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Samarinda. |
| 8. Suminar, S. Achmadi, 1988. Diktat Bahan Kuliah Kimia Kayu. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. bogor. |
| 9. Journal dan Laporan Penelitian yang berhubungan dengan Ilmu Kimia Kayu. |
| Tambahan: |
| 1. Soenardi, 1976. Diktat Kimia Kayu. Yayasan Pembina Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta. |
| 2. Sjoestroem, E, 1981. Kimia Kayu, Dasar-Dasar dan Aplikasinya Academic Press, Ins. New York. |
| 3. Wenal, HFJ, 1970. Teknologi Kimia dari Wood Academic Press, Inc. New York. |
| 4. Kollmann, FFP dan WA Jr. Cote, 1968. Prinsip Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kayu Jilid I. Solid Wood Springer-Vlag.New York. |
| | |
| | |