| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB204 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKB204 Keteknikan Kehutanan |
| Semester di mana modul diajarkan | Semester 5 |
| Penanggung jawab modul | Ir. H. Ir. H. Kurdiansyah, MP |
| Pengajar | 1. Ir. H. Ir. H. Kurdiansyah, MP |
| 2. Ir. H. Gt. AR. Thamrin, MP |
| 3. Ir. M. Faisal Mahdi, MP |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 3 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat: 1) Menguasai konsep teoritis ilmu bangunan hutan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam berbagai kepentingan; 2) Mampu menganalisis efisiensi penggunaan kayu, air, dan bahan bakar minyak dengan cermat (dalam kerja tim); 3) Mampu menganalisis sifat mekanik tanah dan lereng, aliran sungai, dan desain waktu penebangan serta dampaknya secara kreatif (dalam kerja tim). |
| Isi | Mahasiswa akan mampu: 1) Mampu menerapkan konsep dan standar kualitas manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur sesuai dengan perkembangan terbaru dalam aktivitas teknik sipil bangunan hutan yang terletak di area kegiatan kehutanan; 2) Mampu merumuskan rekomendasi untuk mengatasi masalah kehutanan menggunakan konsep manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisiplin tentang kehutanan dan teknik sipil. 3) Mengimplementasikan sistem pengelolaan pembersihan area hutan dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial-ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial. |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| 1. Zainal Arifin. 1974. Teknik Pembuatan Jalan dan Pengangkutan Kayu pada PT. BFI di Kalimantan Timur. Laporan no.32 LPHH Bogor |
| 2. Elias. 1994. Teknik Perencanaan Pembukaan Wilayah Hutan, Spesifikasi dan Standar Teknis Jalan Hutan. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. |
| 3. Kurdiansyah (ed). 2005. Keteknikan Kehutanan . Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005. |
| 4. Kurdiansyah. 2005. Pemanenan Hasil Hutan. Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005. |
| Tambahan: |
| 1. Bambang Pranggodo. 1980. Forest Engineering (Diklat). Pusat Pendidikan Kehutanan Cepu. Direksi Perum Perhutani |
| 2. John G. Haygreen (ed). 1986. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu. Suatu Pengantar. Gadjah Mada University Prees |
| 3. Direktorat Jenderal Pengusahaan Hutan. 1990. Pedoman dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sistem Silvikultur Tebang Pilih Tanam Indonesia. Jakarta. |
| 4. Kurdiansyah. 2005. Pemanenan Hasil Hutan. Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005. |