| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKB402 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKB 402 Kesuburan dan Pemupukan Tanah | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Ir. H.Ahmad Yamani.,MP | |
| Pengajar | 1. Ir. H.Ahmad Yamani.,MP | |
| 2. Dr.Yusanto Nugroho, S.Hut, MP | |
| 3. Susilawati, S.Hut, MP | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 3 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Mengetahui penyebab menurunnya kesuburan tanah dan urgensi menjaga kesuburan tanah baik di kawasan hutan negara maupun hutan rakyat; 2) menyusun rencana pengelolaan kesuburan tanah dan merekomendasikan penerapan teknik Kesuburan Tanah di bidang kehutanan; 3) memberikan rekomendasi percobaan pemupukan pada kawasan hutan. | |
| Isi | Peserta akan mampu : 1) Menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan dan kewirausahaan sesuai dengan sikap Karakter WAJA SAMPAI KA PUTING, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, peduli, tanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat secara berkelanjutan; 2) Menerapkan ilmu-ilmu dasar kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 3) Menyusun rekomendasi penyelesaian permasalahan kehutanan dengan menggunakan konsep pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisipliner kehutanan | |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Buckman dan Brady. 1993. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. bogor. |
| 2. Mansyur, NI (dkk). Pupuk dan Pemupukan 2019. Syiah Kuala University Press & Universitas Kalimantan Tarakan. Banda Aceh. |
| 3. Poerwowidodo. Telaah Kesuburan Tanah. Perpustakaan Universitas Sahid. Jakarta. |
| 4. Riwandi. (dkk). 2018. Bahan Ajar Kesuburan Tanah dan Pemupukan. Perpustakaan Universitas Bengkulu. Bengkulu |
| Tambahan: |
| 1. http://cybex.pertanian.go.id.artikel. 2019. Pemupukan dan Fungsinya Bagi Tanaman. Jakarta. |
| 2. https://polbangtanyoma. Pengantar Pemupukan. Jakarta. 2018. |
| | | |