88. FMKB 515 Kayu sebagai Bahan Konstruksi
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKB515
Subjudul, jika ada-
Mata Kuliah, jika adaFMKB515 Kayu sebagai Bahan Konstruksi
Semester di mana modul diajarkanSemester 5
Penanggung jawab modulIr. H. Kurdiansyah, MP
Pengajar1.    Ir. H. Kurdiansyah, MP
2.    Ir. H. Gt. AR. Thamrin, MP
3.    Ir. Violet, MP
Bahasabahasa Indonesia
Kaitannya dengan kurikulum
Jenis pengajaran, jam kontakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
Poin kredit3 SKS
Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan1. Terdaftar dalam mata kuliah
2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah
Prasyarat yang direkomendasikan
Tujuan Modul/Hasil Belajar yang DiharapkanSetelah mengambil kursus ini, mahasiswa dapat: 1) Menguasai konsep teoretis ilmu kayu untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sumber daya alam hutan dalam berbagai kepentingan; 2) menganalisis efisiensi penggunaan bahan baku kayu komersial (komersial); 3) Mampu menganalisis sifat fisik, mekanik, kimia, dan anatomi kayu yang akan digunakan sebagai bahan baku konstruksi bangunan secara visual; 4) melakukan/menggunakan alat pengujian sifat kayu (fisika dan mekanik) di laboratorium dan melakukan perhitungan analisis
IsiMahasiswa akan dapat: 1) Mengaplikasikan konsep dan standar mutu manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur menurut perkembangan terkini dalam Manajemen Hutan Hujan Tropis Basah; 2) Menyusun rekomendasi untuk menyelesaikan masalah kehutanan dengan menggunakan konsep manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur secara komprehensif dan berprosedur berdasarkan pemahaman multidisiplin dan lintas disiplin dalam bidang kehutanan; 3) Mengimplementasikan metode dan teknologi yang tepat untuk memecahkan masalah manajemen hutan secara berkelanjutan (Manajemen hutan berkelanjutan).
Persyaratan Pembelajaran dan UjianKognitif:Tugasmasuk
Psikomotor: Latihan
Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
Media digunakanAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Mulyati, ST, MT. 2020, modul ajar kayu sebagai bahan konstruksi. Fakultas teknik
2.       Dumanauw, J.F. 1990. Mengenal kayu, PT gramedia jakarta
3.       Haygreen and Boyer, 1986. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu (suatu pengantar) gajah mada university press
4.       Sarayar, 1974. Dasar2 Identifikasi Kayu, Ditjen kehutanan, Jakarta
5.       Soenardi, 1974. Ilmu Kayu. UGM, yogyakarta
6.       Sifat2 mekanika kayu, UGM yogyakarta
7.       sifat2 fisika kayu, UGM yogyakarta
8.       sifat2 kimia kayu, UGM yogyakart
9.       Supraptono B. 1992. Mekanika kayu, UNMUL Samarinda
10.   Supraptono dan Budiarso, 1987. Pedoman Praktikum Ilmu Kayu, UNMUL Samarinda
11.   Kurdiansyah (ed). 2005. Keteknikan Kehutanan. Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005.
Tambahan:
1.       Supraptono B. 1981. Studi pendahuluan sifat fisika dan mekanika 15 jenis kayu lesser known species, UNMUL Samarinda
2.       Direktorat Jenderal Pengusahaan Hutan. 1990. Pedoman dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sistem Silvikultur Tebang Pilih Tanam Indonesia. Jakarta.
3.       Kurdiansyah. 2005. Pemanenan Hasil Hutan. Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005.