| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB515 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKB515 Kayu sebagai Bahan Konstruksi |
| Semester di mana modul diajarkan | Semester 5 |
| Penanggung jawab modul | Ir. H. Kurdiansyah, MP |
| Pengajar | 1. Ir. H. Kurdiansyah, MP |
| 2. Ir. H. Gt. AR. Thamrin, MP |
| 3. Ir. Violet, MP |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 3 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah mengambil kursus ini, mahasiswa dapat: 1) Menguasai konsep teoretis ilmu kayu untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sumber daya alam hutan dalam berbagai kepentingan; 2) menganalisis efisiensi penggunaan bahan baku kayu komersial (komersial); 3) Mampu menganalisis sifat fisik, mekanik, kimia, dan anatomi kayu yang akan digunakan sebagai bahan baku konstruksi bangunan secara visual; 4) melakukan/menggunakan alat pengujian sifat kayu (fisika dan mekanik) di laboratorium dan melakukan perhitungan analisis |
| Isi | Mahasiswa akan dapat: 1) Mengaplikasikan konsep dan standar mutu manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur menurut perkembangan terkini dalam Manajemen Hutan Hujan Tropis Basah; 2) Menyusun rekomendasi untuk menyelesaikan masalah kehutanan dengan menggunakan konsep manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur secara komprehensif dan berprosedur berdasarkan pemahaman multidisiplin dan lintas disiplin dalam bidang kehutanan; 3) Mengimplementasikan metode dan teknologi yang tepat untuk memecahkan masalah manajemen hutan secara berkelanjutan (Manajemen hutan berkelanjutan). |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| 1. Mulyati, ST, MT. 2020, modul ajar kayu sebagai bahan konstruksi. Fakultas teknik |
| 2. Dumanauw, J.F. 1990. Mengenal kayu, PT gramedia jakarta |
| 3. Haygreen and Boyer, 1986. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu (suatu pengantar) gajah mada university press |
| 4. Sarayar, 1974. Dasar2 Identifikasi Kayu, Ditjen kehutanan, Jakarta |
| 5. Soenardi, 1974. Ilmu Kayu. UGM, yogyakarta |
| 6. Sifat2 mekanika kayu, UGM yogyakarta |
| 7. sifat2 fisika kayu, UGM yogyakarta |
| 8. sifat2 kimia kayu, UGM yogyakart |
| 9. Supraptono B. 1992. Mekanika kayu, UNMUL Samarinda |
| 10. Supraptono dan Budiarso, 1987. Pedoman Praktikum Ilmu Kayu, UNMUL Samarinda |
| 11. Kurdiansyah (ed). 2005. Keteknikan Kehutanan. Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005. |
| Tambahan: |
| 1. Supraptono B. 1981. Studi pendahuluan sifat fisika dan mekanika 15 jenis kayu lesser known species, UNMUL Samarinda |
| 2. Direktorat Jenderal Pengusahaan Hutan. 1990. Pedoman dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sistem Silvikultur Tebang Pilih Tanam Indonesia. Jakarta. |
| 3. Kurdiansyah. 2005. Pemanenan Hasil Hutan. Program Peningkatan Kualitas ISS dan Jurusan UNLAM 2005. |