| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKK114 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKK 114 Ilmu Tanah Hutan | |
| Semester modul diajarkan | Semester 3 | |
| Penanggung Jawab | Ir. Ahmad Yamani, MP | |
| Pengajar | 1. Ir. Ahmad Yamani, MP | |
| 2. Yusanto Nugroho, S.Hut., MP | |
| 3. Dr.Ir. Ekorini Indrayatie, M.P | |
| 4. Dr.Ir. Syarifudin Kadir, M.Sc | |
| 5. Khairun Nisa, S.Hut, MP | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 2 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menerapkan ilmu tanah hutan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan tropis secara berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis data lahan hutan dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Menerapkan metode dan teknologi tepat guna berdasarkan data dan informasi lahan hutan untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan lestari (sustainable forest management). | |
| Isi | Peserta akan mampu: 1) Menerapkan pengetahuan dasar kehutanan dan menghubungkannya dalam pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hutan tropis secara berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Menerapkan metode dan teknologi tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan lestari (sustainable forest management). | |
| |
| |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| Psychomotor: Latihan |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Asikin, S. 1987. Geologi Struktur. ITB |
| 2. Baver, LD 1959. Fisika Tanah. New York. John Wiley dan putra. Inc. |
| 3. Brady, NC 1974. Sifat dan Sifat Tanah. edisi ke-8. New York. Macmilan Publishing Co.Inc |
| 4. Departemen Pertanian RI. 2009. Organisme Tanah. Kerjasama Departemen Pertanian dengan Balai Penelitian Tanah Indonesia Pusat Penelitian Padi Indonesia |
| 5. Hadjowigeno, S. 2003. Ilmu Tanah. Edisi Revisi. Jakarta. Penerbit Akademika Pressindo |
| 6. Staf Survei Tanah. 1999. Taksonomi Tanah. Washington. DC. Agr. Buku Pegangan. No.436, Edisi Kedua. NRCS-USDA |
| Tambahan: |
| 1. Hadjowigeno, S. 2003. Ilmu Tanah. Edisi Revisi. Jakarta. Penerbit Akademika Pressindo Hal 286 |
| 2. Hadjowigeno, S. 2003. Klasifikasi Tanah Dan Pedogenesis. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo Hal 180 |
| 3. Nugroho, N. 2015. Petunjuk Praktikum Ilmu Tanah Hutan. Laboratorium Ilmu Tanah Hutan Kehutanan Fakultas UNLAM. |
| | | |