| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMBK406 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMBK406 Genetika Hutan dan Pemuliaan Pohon |
| Semester di mana modul diajarkan | Semester 5 |
| Penanggung jawab modul | Prof. Dr. Ir. H. Gt. M. Hatta., MS |
| Pengajar | 1. Prof.Dr. Ir. H. Gt. M. Hatta., MS |
| 2. Dra. Enny Dwi Pujawati, MSi |
| 3. Adistina Fitriani, S. Hut,. MP |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 3 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat: 1) Mampu menerapkan konsep genetika dan pemuliaan pohon untuk pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya hutan hujan tropis; 2) Mampu memproses, menganalisis, dan menentukan variasi dalam hutan alam dan hutan perkebunan sesuai dengan data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional sehingga hutan hujan tropis basah yang berkelanjutan terjaga; 3) Mampu menerapkan metode dan teknologi yang sesuai dalam produksi benih, kebun benih, pengujian genetik, pola perkawinan yang tepat untuk memecahkan masalah pengelolaan hutan yang berkelanjutan. |
| Isi | Mahasiswa akan dapat: 1) Menerapkan konsep dan standar kualitas manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur sesuai dengan perkembangan terbaru dalam Manajemen Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Mampu memproses, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Menggunakan metode dan teknologi yang sesuai untuk menyelesaikan masalah manajemen hutan yang berkelanjutan. |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Main: |
| 1. James R. Welsh dan J. H. Mogea. 1991. Dasar-dasar Genetika Tumbuhan dan Pemuliaan Tanaman. Penerbit Erlangga. Jakarta |
| 2. L. V. Crowder. 1986. Genetika Tumbuhan, terjemahan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. |
| 3. Mohammad Na’iem dan W.W. Winarni. 1985. Pemuliaan Pohon. Yayasan Pembina Fakutas Kehutanan UGM. Yogyakarta |
| 4. Wright, J. W. 1976. Introducton to Forest Genetics. Academic Press Inc. New York. |
| 5. Zobel, B. J. and J. T. Talbert. 1984. Applied Forest Tree Improvement. John Willey and Sons. New York. |
| 6. W. Mangoendidjojo. 2003. Dasar-dasar Pemuliaan Tanaman. Penerbit Kanisius. Yogyakarta |
| 7. D. F. Wetherrel. 1982. Propagasi Tanaman. IKIP Semarang Press. |
| 8. Moeso Suryowinoto. 1996. Pemuliaan Tanaman secara in Vitro. Kanisius. Yogyakarta. |