| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB512 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKB512 Energi Biomassa |
| Semester di mana modul diajarkan | Semester 7 |
| Penanggung jawab modul | Ir. Noor Mirad Sari,MP |
| Pengajar | 1. Ir. Noor Mirad Sari,MP |
| 2. Ir. Budi Sutiya, MP |
| 3. Dr. Ir. Trisnu Satriadi, S.Hut, M,Si |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 3 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah mengambil mata kuliah ini, mahasiswa dapat: 1) Menjelaskan Prospek dan Tantangan Pengembangan Biomassa Berdasarkan Hukum dan Peraturan Pemerintah dalam menerapkan Teknologi Konversi Biomassa secara independen; 2) Menjelaskan Proses dan Teknologi Konversi Biomassa; 3) Mampu menganalisis pengujian karakteristik produk dari biomassa; 4) menganalisis biaya pengembangan taman energi dan menganalisis biaya pembuatan produk energi alternatif serta dampaknya terhadap hasil secara kreatif dalam kerja tim. |
| Isi | Mahasiswa akan dapat: 1) menerapkan ilmu kehutanan dasar dan menghubungkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan penggunaan berkelanjutan sumber daya hutan hujan tropis; 2) memproses, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan yang logis, rasional, dan ilmiah; 3) menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pelayanan masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) mampu menerapkan metode dan teknologi yang sesuai untuk memecahkan masalah manajemen hutan berkelanjutan, sistematis dan |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| 1. Arief Biomassa Tajali. 2015. Panduan Penilaian Potensi Sebagai sumber Energi altrnatif di Indonesia. 34 hal. |
| 2. Erliza hambali dkk,2007. Teknologi Bioenergi. 105 hal. Arief Biomassa Tajali. 2015. |
| 3. Panduan Penilaian Potensi Sebagai sumber Energi altrnatif di Indonesia. 34 hal. |
| 4. Imas Aisyah,2019. Multi Manfaat Arang dan Asap cair. 166 hal |
| 5. Joni karman, 2012. Teknologi dan Proses Pengolahan Biomasssa.127 hal |
| 6. The japan Institute of Energy,2008. Panduan Biomassa Asia. 365 hal |
| 7. Syukri, 2014. Biomassa Bahan baku, dan Teknologi untuk Energi Terbarukan. 54 hal |
| 8. Syukri, 2015. Potensi Bisnis Pelet Biomassa di Indonesia. 35 hal |
| 9. Wahyuni,S, Biogas Energi alternatif penganti BBM, gas dan Listrik |
| 10. Richana, N, Bioetanol bahan baku, teknologi dan Pengendalian Mutu |
| Tambahan: |
| 1. Kuncoro, H, Damanik,L. Kompor Briket Batubara |
| 2. Undang Undang Ketahanan Energi N0 30 tahun 2007. |
| 3. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 4 tahun 2020 Tentang Pemanfaatan Energi Terbarukan untuk Penyedian Tenaga Listrik |