| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKK116 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKK116 Ekonomi Sumber Daya Hutan dan Lingkungan | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Dr.Ir. Daniel Itta, MS | |
| Pengajar | 1. Dr.Ir. Daniel Itta, MS | |
| 2. Abdi Fithria, S.Hut, MP | |
| 3. Arfa Agustina Rezekiah, S.Hut, MP | |
| 4. Rina Muhayah NP, S.Hut, M.Si | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 3 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menerapkan pengetahuan dasar ekonomi sumber daya alam dan lingkungan serta mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis keekonomian sumber daya alam dan lingkungan hidup serta menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab atas pengelolaan ekonomi sumber daya alam dan lingkungan hidup secara berkelanjutan (sustainable forest management. | |
| Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara profesional dan bertanggung jawab dalam pengelolaan hutan lestari. | |
| |
| |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Gregory, G. R, 1978. Ekonomi Sumber Daya Hutan. The Ronald Press, Perusahaan: New York. |
| 2. MohanPM,1984. Kehutanan Untuk Pembangunan Ekonomi, Prinsip Ekonomi Terapan Pengelolaan dan Pemanfaatannya. Penerbit Medhawi. India |
| 3. Sumitro, 1978. Ekonomi Kehutanan. Yayasan Pembina, Fakultas Kehutanan, UGM, Yogyakarta. |
| 4. Rosyidi, S. 2006. Pengantar Teori Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta |
| 5. Wirakusumah, S. 2003. Mendambakan Kelestarian Sumberdaya Hutan bagi Sebesar-besarnya Kemakmuran Rakyat. Pers Universitas Indonesia. Jakarta. |
| 6. Worrel, AC 1959. Ekonomi Kehutanan Amerika. John Wiley & Sons, New York. |
| Tambahan: |
| 1. Assosiasi Pengusaaha Hutan Indonesia, 2004. Konsep Mewujudkan Kembali Kebangkitan Sektor Kehutanan Dalam Pembangunan Nasional Kedepan. Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia. Jakarta.McNelly, 1993. |
| 2. Ekonomi dan Keanekaragaman Hayati, Menerangkan dan Memanfatkan Perangsang Ekonomi Untuk Melestarikan Sumberdaya hayati. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta. |
| | | |