| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMPB104 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMPB 104 Dasar-dasar Pengelolaan Lingkungan | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Ir. Rosida, MP | |
| Pengajar | 1. Ir. Rosida, MP | |
| 2. Ir. Hj. Diana Ulfah,MP | |
| 3. Yuniarti, S.Hut.,M.Si. | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 2 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan baku mutu biokimia sesuai dengan perkembangan terkini dan terhebat dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) beradaptasi, bekerja efektif secara mandiri dan tim, serta membangun dan mengembangkan biokimia dalam pengelolaan hutan hujan tropis secara berkelanjutan; 3) mengolah, menganalisis, dan mengambil keputusan yang tepat dalam merencanakan basis data dan informasi biokimia dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah. | |
| Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) Mampu beradaptasi, bekerja efektif secara mandiri dan tim, serta membangun dan mengembangkan jaringan kerja sama dalam pengelolaan hutan hujan tropis basah yang berkelanjutan; 3) Mampu mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah. | |
| |
| |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Rosidah, dkk. 205. Ajar Biokimia. |
| 2. Afifudin dan Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian kualitatif, Bandung; CV Pustaka Setia, 2009. |
| 3. Ngili, Yohanis. 2009. Biokimia Metabolisme & Bioenergitika. Yogyakarta: Graha Ilmu. |
| 4. Ngili, Y. 2013. Biokimia Dasar, Edisi ke-1. Penerbit Rekayasa Sains. |
| 5. Ngili, Y. 2013. Protein dan Enzim. Rekayasa Sains. Bandung |
| 6. Yuwono, T. 2008. Biologi Molekuler. Erlangga. Jakarta. |
| 7. Wirahadikusumah, Muhammad. 2001. Biokimia Protein, Enzim dan Asam Nukleat. Bandung: ITB. |
| Tambahan: |
| 1. Winarno, FG 2004. Kimia Pangan dan Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta |
| 2. Moran LA,Horton HR,Scrimgeour KG. 2005.Prinsip Biokimia edisi ke-5. |
| 3. Pearson:, New York. Nelson DL, Cox MM, Lehninger. 2004. |
| 4. Prinsip Biokimia edisi ke-4, London: WH Freeman. |
| | | |