| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB516 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah, jika ada | FMKB516 Bioteknolog Hasil Hutan |
| Semester di mana modul diajarkan | Semester 3 |
| Penanggung jawab modul | Yuniarti, S. Hut.,M.Si. |
| Pengajar | 1. Yuniarti, S.Hut., M.Si |
| 2. Dr. Trisnu Satriadi, S.Hut., M.Si. |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Kaitannya dengan kurikulum | |
| Jenis pengajaran, jam kontak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| Poin kredit | 3 SKS |
| Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan | 1. Terdaftar dalam mata kuliah |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah |
| Prasyarat yang direkomendasikan | |
| Tujuan Modul/Hasil Belajar yang Diharapkan | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat: 1) Mengaplikasikan konsep dan standar kualitas untuk konservasi alam dan manajemen satwa liar sesuai dengan perkembangan terbaru dalam Manajemen Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) memproses, menganalisis, dan membuat keputusan yang tepat dalam perencanaan konservasi alam dan manajemen satwa liar berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) memproses, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan ekowisata dan layanan lingkungan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 4) Mengaplikasikan metode dan teknologi yang sesuai dalam mendemonstrasikan ilmu bioteknologi produk hutan untuk memecahkan masalah dalam manajemen hutan dan lingkungan yang berkelanjutan (Manajemen hutan berkelanjutan). |
| Isi | Mahasiswa akan dapat: 1) Mengaplikasikan konsep dan standar kualitas manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur sesuai dengan perkembangan terbaru dalam Manajemen Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) memproses, menganalisis, dan membuat keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Mengaplikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pelayanan masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) Mengaplikasikan metode dan teknologi yang sesuai untuk memecahkan masalah manajemen hutan yang berkelanjutan (Manajemen hutan berkelanjutan). |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Kognitif:Tugasmasuk |
| |
| Psikomotor: Latihan |
| |
| Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: |
| 1. Bruce, A. & J.W. Palfreyman. 1998. Forest Products Biotechnology. Francis Ltd 1 Gunpowder Square, London, EC4A 3DE |
| 2. Radji, M. 2005. Peranan Bioteknologi Dan Mikroba Endofit Dalam Pengembangan Obat Herbal. Majalah Ilmu Kefarmasian, Vol. II, No.3, Desember 2005, 113 – 126 |
| 3. Sedjo, R. 2001. Biotechnology’s Potential Contribution to Global Wood Supply and Forest Conservation. Washington, D.C: Resources for the Future |
| 4. Varma, A., R. Prasad & N. Tuteja. 2018. Mycorrhiza - Nutrient Uptake, Biocontrol, Ecorestoration, Fourth Edition. Switzerland: Sprin |
| Tambahan: |
| 1. Bajpai, P. 2018. Biotechnology for Pulp and Paper Processing. Springer Singapore |
| 2. Srivastava, M, Singh, G. Devi and R. Chaturvedi. 2014. Herbal Medicine and Biotechnology for the Benefit of Human Health. In Animal Biotechnology: Models in Discovery and Translation, Chapter 30. Elsevier Inc |
| 3. Waluyo, L. 2005. Mikrobiologi Lingkungan. Malang: UMM Press. |