89. FMKB 516 Bioteknologi Hasil Hutan
Nama ModulPengantar
Tingkat modul, jika ada
Kode, jika adaFMKB516
Subjudul, jika ada-
Mata Kuliah, jika adaFMKB516 Bioteknolog Hasil Hutan
Semester di mana modul diajarkanSemester 3
Penanggung jawab modulYuniarti, S. Hut.,M.Si.
Pengajar1.    Yuniarti, S.Hut., M.Si
2.    Dr. Trisnu Satriadi, S.Hut., M.Si.
Bahasabahasa Indonesia
Kaitannya dengan kurikulum
Jenis pengajaran, jam kontakJenis Pengajaran: Offline
Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester
Beban KerjaPerkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit
Poin kredit3 SKS
Persyaratan sesuai peraturan pemeriksaan1. Terdaftar dalam mata kuliah
2. Minimal kehadiran 80% pada mata kuliah
Prasyarat yang direkomendasikan
Tujuan Modul/Hasil Belajar yang DiharapkanSetelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat: 1) Mengaplikasikan konsep dan standar kualitas untuk konservasi alam dan manajemen satwa liar sesuai dengan perkembangan terbaru dalam Manajemen Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) memproses, menganalisis, dan membuat keputusan yang tepat dalam perencanaan konservasi alam dan manajemen satwa liar berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) memproses, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan ekowisata dan layanan lingkungan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 4) Mengaplikasikan metode dan teknologi yang sesuai dalam mendemonstrasikan ilmu bioteknologi produk hutan untuk memecahkan masalah dalam manajemen hutan dan lingkungan yang berkelanjutan (Manajemen hutan berkelanjutan).
IsiMahasiswa akan dapat: 1) Mengaplikasikan konsep dan standar kualitas manajemen hutan/teknologi produk hutan/silvikultur sesuai dengan perkembangan terbaru dalam Manajemen Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) memproses, menganalisis, dan membuat keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Mengaplikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pelayanan masyarakat, serta menyampaikannya kepada komunitas ilmiah dan masyarakat; 4) Mengaplikasikan metode dan teknologi yang sesuai untuk memecahkan masalah manajemen hutan yang berkelanjutan (Manajemen hutan berkelanjutan).
Persyaratan Pembelajaran dan UjianKognitif:Tugasmasuk
Psikomotor: Latihan
Afektif: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha
Media digunakanAlat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik
presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari
ReferensiUtama:
1.       Bruce, A. & J.W. Palfreyman. 1998. Forest Products Biotechnology. Francis Ltd 1 Gunpowder Square, London, EC4A 3DE
2.       Radji, M. 2005. Peranan Bioteknologi Dan Mikroba Endofit Dalam Pengembangan Obat Herbal. Majalah Ilmu Kefarmasian, Vol. II, No.3, Desember 2005, 113 – 126
3.       Sedjo, R. 2001. Biotechnology’s Potential Contribution to Global Wood Supply and Forest Conservation. Washington, D.C: Resources for the Future
4.       Varma, A., R. Prasad & N. Tuteja. 2018. Mycorrhiza - Nutrient Uptake, Biocontrol, Ecorestoration, Fourth Edition. Switzerland: Sprin
Tambahan:
1.       Bajpai, P. 2018. Biotechnology for Pulp and Paper Processing. Springer Singapore
2.       Srivastava, M, Singh, G. Devi and R. Chaturvedi. 2014. Herbal Medicine and Biotechnology for the Benefit of Human Health. In Animal Biotechnology: Models in Discovery and Translation, Chapter 30. Elsevier Inc
3.       Waluyo, L. 2005. Mikrobiologi Lingkungan. Malang: UMM Press.