| Nama Modul | Pengantar | |
| Tingkat modul, jika ada | | |
| Kode, jika ada | FMKB502 | |
| Subjudul, jika ada | - | |
| Mata Kuliah | FMKB 502 Biokomposit | |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 | |
| Penanggung Jawab | Ir. H. Gusti Abdul Rahmat Thamrin, MP | |
| Pengajar | 1. Ir. H. Gusti Abdul Rahmat Thamrin, MP | |
| 2. Yuniarti, S.Hut, M.Si | |
| 3. Ir. M.Faisal Mahdie, MP | |
| Bahasa | bahasa Indonesia | |
| Hubungan Kurikulum | | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline | |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester | |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit | |
| SKS | 3 SKS | |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini | |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini | |
| Persyaratan rekomendasi | | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar produk biokomposit sesuai dengan perkembangan terkini dan terhebat dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan,; 2) mengolah, menganalisis dan mengambil keputusan yang tepat dalam perencanaan pembuatan biokomposit berdasarkan database dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Menerapkan metode dan teknologi tepat guna dalam pembuatan biokomposit untuk mengatasi permasalahan pengelolaan hutan lestari. | |
| Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah.; 3) Menerapkan metode dan teknologi yang tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan lestari. | |
| |
| |
| |
| |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas | |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| | |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha | |
| Media | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik | |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Referensi | Utama: | |
| 1. Bandi, S. 1995. Perekat Kayu Perencanaannya Dalam Industri Kayu. Progam Pascasarjana Program Magister Studi Ilmu Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda. |
| 2. Darni, S. 1985. Teknologi Kayu II. Jurusan Teknologi Hasil Hutan Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru |
| 3. Sastradimadja, E. 1990. Papan Majemuk Seri Papan Partikel. Seksi Industri Hasil Hutan Industri Hasil Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda |
| 4. Sastradimadja, E. 1992. Papan Majemuk Seri Papan Blok. Jurusan Teknologi Hasil Hutan Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda. |
| 5. Yoesoef, M. 1988. Papan Majemuk (Dewan Komposisi). Seksi Teknologi Kayu Jurusan Teknologi Hasil Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda |
| Tambahan: |
| 1. Ahmad Basuki, ST. MT. 2014. Produk Bahan Berbasis Kayu. (https://achmadbasuki.wordpress.com/2014/01/09/produk-material-berbasis-kayu/) |
| 2. Kesejukan Alam Raya. 2010. Teknologi Biokomposit. (http://kesejukan-alamraya.blogspot.com/2010/06/teknologi-biokomposit.html) |
| 3. Mudahri Alwi. Mengenal Kayu Lapis, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya. (https://rooma.id/material/1031/kayu-lapis) |
| | | |