| | |
| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKB 503 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah | FMKB 503 Anatomi Kayu |
| Semester modul diajarkan | Semester 5 |
| Penanggung Jawab | Ir. Violet, M.P |
| Pengajar | 1. Ir. Violet, anggota parlemen |
| 2. Ir. Rosida, MP |
| 3. Ir. Diana Ulfah, MP |
| 4. Yuniarti, S.Hut, M.Si |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Hubungan Kurikulum | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam Kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| SKS | 3 SKS |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini |
| Persyaratan rekomendasi | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu konservasi alam dan pengelolaan satwa liar sesuai dengan perkembangan terkini dan terhebat dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan konservasi alam dan pengelolaan satwa liar berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan ekowisata dan jasa lingkungan berdasarkan database dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah. |
| Isi | Peserta mampu: 1) Menerapkan konsep dan standar mutu pengelolaan hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terkini dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah Berkelanjutan; 2) mengolah, menganalisis, dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan logis, rasional, dan ilmiah; 3) Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan multidisiplin pendekatan melalui aspek sosial ekonomi, |
| | budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial. |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas |
| |
| Psychomotor: Latihan |
| |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Membaca daftar | Utama: |
| 1. Coklat, HP. Panshin A.J dan CC. Meninggalkan. 1949 Buku Ajar Teknologi Kayu Vol. 1 McGraw Hill Book Co, NY, London, dll. |
| 2. Desch, HE 1956. Kayu. Struktur dan Propertinya McMillan & Co Ltd, |
| 3. London Domingo, IL 1974 Pengendalian Silvikultur Mutu Kayu. Pohon Hutan |
| 4. Simposium Perbaikan. UPLB. Laguna Haygreen, J.G dan JL Bowyer 1982 Ilmu Hasil Hutan dan Kayu. Pers Universitas Negeri Lowa. |
| 5. Imanwan 1989 Studi Pengaruh Pemangkasan Cabang (Pemangkasan) pada Pinus merkusi Jungh et de Vries terhadap Bilangan Bentuk dan Pertambahan Diameter Batangnya. Fahutan UGM. |
| 6. Jane, FW 1970. Struktur Kayu. Adams & Charles Hitam, London: |
| 7. Lantican, CB 1979. Rotasi Pendek Kehutanan: Implikasinya terhadap Kualitas Kayu. Kuliah Profesor UPLB. Laguna 1975 Variabilitas dan Pengendalian Kualitas Kayu Kayu. Kuliah Perdana UPLB. Laguna |
| 8. Oemi hani'in Soeseno dan Rudjiman, 1980 Pemangkasan Cabang di Jati untuk Meningkatkan Produksi Kayu Berkwalitas Tinggi Jurusan Pembinaan Hutan Fahutan UGM |
| 9. Panshin, AJ dan Carl de Zeeuw. 1964. Buku Ajar Teknologi Kayu, Vol. L |
| 10. Sjostrom, E. 1993. Kimia Kayu. Dasar-dasar dan Aplikasi Academic Press Inc. London, Sydney, dll. |
| 11. Suwarsono Prodjoharjono 1960. Diktat Identifikasi Kayu, Institut Pertanian Bogor. |
| Tambahan: |
| 1. Kasmujo, 1998. Beberapa Aspek Anatomi Kayu Dalam Kaitannya dengan Kualitas Pulp dan Kertas. Bagian Penerbitan Fakultas Kehutanan UGM, Yogyakarta. |
| 2. Soenardi, 1998. Struktur dan Sifat-sifat Kayu III. Bagian Penerbitan Fakultas Kehu tanan UGM, Yogyakarta. |
| 3. Prayitno, 1992. Pertumbuhan dan Kualitas Kayu. Fakultas Pasca Sarjana UGM, Yogyakarta |
| |
| | |