| 5. FMKK 101 Matematika |
| Nama Modul | Pengantar |
| Tingkat modul, jika ada | |
| Kode, jika ada | FMKK101 |
| Subjudul, jika ada | - |
| Mata Kuliah | FMKK 101 Matematika |
| Semester modul diajarkan | Semester 1 |
| Penanggung Jawab | Ir. Sulaiman Bakrie, MS |
| Pengajar | 1. Wiwin Tyas Istikowati, S.Hut., M.Si., Ph.D |
| 2. Siti Hamidah, S.Hut., MP |
| 3. Ir. Sulaiman Bakrie, MS |
| Bahasa | bahasa Indonesia |
| Hubungan Kurikulum | |
| Jenis Pengajaran dan Kontrak | Jenis Pengajaran: Offline |
| Jam kontak: 2 jam x 8 minggu per semester |
| Beban Kerja | Perkuliahan menggunakan metode ceramah dan diskusi: 2 x 50 menit |
| SKS | 2 SKS |
| Persyaratan berdasarkan peraturan penilaian | 1. Terdaftar dalam kursus ini |
| 2. Minimal kehadiran 80% pada kursus ini |
| Persyaratan rekomendasi | |
| Tujuan Modul/Hasil Pembelajaran yang ingin Dicapai | Dengan menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu: 1) Menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan sesuai dengan sikap Karakter WAJA SAMPAI KA PUTING dalam pembelajaran matematika sehari-hari, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, pembelajaran sepanjang hayat, pantang menyerah, kepedulian, tanggung jawab, dan disiplin dalam kehidupan di tempat kerja. masyarakat secara berkelanjutan berdasarkan pengetahuan yang dipelajari.; 2) Menerapkan matematika di bidang kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan. |
| Isi | Peserta akan mampu: 1) Menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan sesuai dengan sikap Karakter WAJA SAMPAI KA PUTING, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, kejujuran, kerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, kepedulian, tanggung jawab, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat secara berkelanjutan.; 2) Menerapkan ilmu-ilmu dasar kehutanan dan mengaitkannya dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara berkelanjutan |
| Persyaratan Pembelajaran dan Ujian | Cognitive: Tugas |
| Psychomotor: Latihan |
| Affective: Dinilai dari unsur prestasi/variable yaitu a) Kontribusi (kehadiran, keaktifan, peran, inisiatif, bahasa); b) tepat waktu; c) Usaha |
| Media digunakan | Alat pengajaran klasik dengan papan tulis dan listrik |
| presentasi poin; forum diskusi tentang E-Learning Simari |
| Membaca daftar | Utama: |
| 1. YULIDA, Y. (2020). SERTIFIKAT: Buku Ajar Matode Matematika. |
| 2. Amir, MF, & Prasojo, BH (2017). Buku Ajar Matematika Dasar. Umsida Pers, 1-197. |
| Tambahan: |
| 1. Yahya, Y., Suryadi, Agus. (2004). Matematika Dasar untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:Ghalia Indonesia. |
| 2. Karso, (1997). Elemen Logika. Universitas Terbuka |
| 3. Seymor Lipschutz, dan Pantur Silaban. (1995). Teori Himpunan. Penerbit Erlangga |
| | |
|