CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)/ PROGRAM LEARNING OUTCOMES (PLO )
Pada akhir pendidikan, lulusan Program Studi Kehutanan diharapkan
KODE | CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN/PLO |
---|---|
Aspek Sikap (S) | |
PLO-1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan nilai kemanusiaan, moral, dan etika dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 |
(S-1) | |
Kata Kunci : Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Etika, Kebangsaan, Taat hukum | |
PLO-2 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan sesuai dengan sikap Karakter WAJA SAMPAI KA PUTING, dengan menjunjung tinggi nilai integritas, kejujuran, bekerjasama, belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di masyarakat secara berkelanjutan. |
(S-2) | |
Kata Kunci: Integritas, belajar sepanjang hayat | |
Aspek Pengetahuan (P) | |
PLO-3 | Menerapkan keilmuan dasar kehutanan dan menghubungkannya dalam pembangunan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya hutan hujan tropis secara lestari |
(P-1) | |
Kata Kunci : Ilmu dasar kehutanan (Natural and social Science) | |
PLO-4 | Menerapkan konsep dan standar mutu manajemen hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur sesuai perkembangan terkini dan terbaru dalam Pengelolaan Hutan Hujan Tropis Basah yang Berkelanjutan |
(P-2) | |
Kata Kunci: Bersangkut paut (koheren); Konsep Ilmu Kehutanan; Terkini dan Terbaru | |
PLO-5 | Menerapkan kebijakan dan peraturan perundang-undangan kehutanan dalam rangka menegakkan supremasi hukum kehutanan yang berkeadilan |
(P-3) | |
Kata Kunci: Kebijakan; Per-UU-an; Supremasi Hukum | |
Keterampilan Umum (KU) | |
PLO-6 | Menyusun rekomendasi terhadap pemecahan masalah kehutanan dengan menggunakan konsep manajemen hutan/teknologi hasil hutan/silvikultur secara komprehensif dan prosedural berdasarkan pemahaman multidisiplin dan interdisiplin ilmu kehutanan |
(KU-1) | |
Kata Kunci: rekomendasi konseptual | |
PLO-7 | Mampu beradaptasi, bekerja efektif secara mandiri dan tim, serta membangun dan mengembangkan jejaring kerjasama dalam mengelola hutan hujan tropis basah yang berkelanjutan |
(KU-2) | |
Kata Kunci: adaptasi, kerja efektif, pengembangan jejaring Kerjasama | |
PLO-8 | Mampu mengolah, menganalisis dan menentukan keputusan yang tepat dalam perencanaan berdasarkan basis data dan informasi dengan pertimbangan yang logis, rasional, dan ilmiah |
(KU-3) | |
Kata Kunci: mengolah data, menganalisis data, menentukan keputusan | |
PLO-9 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta menyampaikan pada komunitas ilmiah dan masyarakat |
(KU-4) | |
Kata Kunci: pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif | |
Keterampilan Khusus (KK) | |
PLO-10 | menerapkan metode dan teknologi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan secara lestari (sustainable forest management) |
(KK-1) | |
Kata Kunci: menerapkan metode dan teknologi | |
PLO-11 | Menerapkan sistem pengelolaan hutan hujan tropis basah dengan pendekatan multidisiplin melalui aspek sosial ekonomi, budaya masyarakat, biofisik, dan geospasial |
(KK-2) | |
Kata Kunci: pengelolaan hutan hujan tropis, pendekatan multidisiplin | |
PL0-12 | Memiliki kemampuan manajerial yang baik secara professional dan bertanggungjawab terhadap pengelolaan hutan secara lestari (sustainable forest management) |
(KK-3) | |
Kata Kunci: kemampuan manajerial, professional, bertanggungjawab |