Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan menghadirkan DR. Ir. Muhammad Naparin, M.M., CPM(Asia) sebagai pembicara utama pada pelatihan kewirausahaan UMKM se-Kalimantan Selatan yang diadakan pada tanggal 2 Maret 2023. DR. Ir. Muhammad Naparin, M.M., CPM(Asia) yang akrab dipanggil Dr. Naparin ini selain sebagai dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan di Fakultas Kehutanan ULM, kesehariaannya juga dikenal sebagai praktisi bisnis yang mempunyai kapasitas baik bisnis dalam negeri maupun internasional. Dosen yang memperoleh gelar Doktor bidang International Marketing ini, juga memperoleh gelar CPM(Asia) atau Certified Professional Marketer Asia yang diakui di 16 negara.

Kehadiran Dr. Naparin pada sesi pelatihan tersebut merupakan bentuk komitmen Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam berkontribusi mencetak wirausaha-wirausaha muda tangguh dan unggul yang akan menjadi tonggak perekonomian nasional dimasa yang akan datang. Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalimantan Selatan, Lanang Budi Wibowo, M.P., menyampaikan keyakinannya bahwa dengan adanya pelatihan ini mereka akan menjadi kontributor utama dalam pertumbuhan pembangunan dan perekonomian nasional, khususnya Kalimantan Selatan secara signifikan.

Pada kesempatan tersebut Dr. Naparin memberikan materi Business Plan dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang dikembangkan oleh ahli manajemen dunia, Osterwalder dan Pigneur dan telah terbukti sukses diterapkan diberbagai negara. Selain itu beliau juga memberikan materi Business Foundation yang merupakan landasan dalam pembentukan suatu model bisnis.

 

Gb1. DR. Ir. Muhammad Naparin, M.M., CPM(Asia) sedang memberikan materi mengenai Business Plan

Gb 2. Peserta pelatihan berfoto bersama setelah menyelesaikan pelatihan