Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat sukses menginisiasi kegiatan Ekspose dari Kelompok Masyarakat Desa Mandiri Peduli Gambut. Kamis 22 September 2022, bertempat di Hotel Roditha Banjarbaru: Konsep Pentahelix yang digelar melibatkan masyarakat desa sebagai pelaku utama, akademi, instansi pemerintah, dunia usaha dan dunia industry (DUDI), dan kalangan media.

Upaya Pembentukan Desa Mandiri Peduli Gambut (DMPG)  dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Pengendalian Kerusakan Ekosistem Gambut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  Fakultas Kehutanan ULM dipercaya oleh KLHK untuk memfasilitasi  kegiatan agar program DMPG ini bisa berjalan sesuai sasaran. Progam ini pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kemandirian desa dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan melindungi ekosistem gambut. Indikator capaian berupa terbangunnya usaha-usaha masyarakat yang berkelanjutan, berkurangnya frekuensi kebakaran dan menurunnya kerusakan lahan.

Sesi awal ditandai oleh penjelasan Dekan Fakultas Kehutanan ULM Dr.H.Kissinger,S.Hut.M.Si tentang konsep pentahelix dalam membangun masyarakat mandiri peduli gambut. Ungkapnya elemen masyarakat, pemerintah, DUDI, akademisi dan media diibaratkan kumpulan populasi sosio-ekologi berukuran besar, sedang dan kecil yang bila direkatkan dengan sempurna akan membentuk pilar hidup dan kehidupan yang menjadi penopang kuat dalam membangun kedaulatan bangsa. Pembinaan, pendampingan, membangun support system sangat dibutuhkan agar terbentuk masyarakat sejahtera dan lingkungan gambut terjaga. Dekan mengajak dan berupaya membangkitkan eltruisme semua elemen agar bisa menjadi bagian dari support system untuk pembangunan masyarakat desa.

Kalangan akademisi yang diwakili oleh Prof.Dr.Ir.H. Gusti Muhammad Hatta, MS. pada kesempatan ini juga memberikan motivasi kepada masyarakat desa agar dapat terus konsisten, meningkatkan semangat kerja dan terus berinovasi agar desa bisa lebih maju perekonomiannya serta aktif dalam menjaga lingkungan gambut. Beliau juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri serta pihak lainnya yang berkomitmen turut aktif mensupport kegiatan masyarakat.

Terdapat 4 Desa di Kalimantan Selatan yang menjadi sasaran Program DMPG, yaitu Desa Sungai Rutas dan Desa Pabaungan Hulu Kabupaten Tapin , Desa Pulau Damar dan Desa Pawalutan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kelompok DMPG dibantu fasilitator masyarakat dan arahan tim Fakultas Kehutanan ULM membuat rencana pengembangan usaha yang spesifik sesuai kapasitas dan kemampuan kelompok. Belajar dari kegiatan tahun sebelumnya beberapa desa telah memberikan hasil yang sangat memuaskan seperti ternak kambing etawa, kebun cabe, dan rehabilitasi lahan gambut. Salah satu desa yang cukup berhasil tahun 2021 yaitu desa Pawalutan, pada tahun 2022 akan mengembangkan ternak kambing dan memiliki visi agar desa Pawalutan menjadi SENTRA KAMBING di kabupaten Hulu Sungai Utara.

Konsep Pentahelix ini sendiri melibatkan banyak pihak ini disambut baik dengan dibuktikan datang serta aktifnya unsur-unsur yang terlibat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Keterbukaan dan transparansi informasi yang disampaikan masyarakat desa secara sistematis dalam bentuk rencana pengembangan usaha kelompok yang disertai kegiatan rehabilitasi lahan gambut, direspon langsung oleh DUDI dan instansi terkait dengan memberikan bantuan baik material/jasa agar transformasi yang dilakukan masyarakat dapat berjalan lancar dan sukses. Mereka juga cukup terkesan dengan hanya bantuan yang relative tidak besar, ternyata hasil yang didapatkan relative memuaskan.

Kalangan media merespon positif dan berharap agar kegiatan ini bisa berlangsung lancar dan berkelanjutan. Kegiatan ekpose oleh masyarakat ini diharapkan dapat menyempurnakan rencana pelaksanaan Program Desa Mandiri Peduli Gambut tahun 2022 agar berjalan sesuai tujuan dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kelompok masyarakat yang tergabung dalam kelembagaan DMPG ini diharapkan nantinya dapat menjadi agen pembaharuan di desanya masing-masing. Keberhasilan upaya kelompok DMPG akan dilihat dan disaksikan banyak pihak serta menimbulkan tingkat kepercayaan komponen masyarakat lainnya untuk bisa lebih maju. SEEING is BELIEVING.