Untuk menghasilkan SDM unggul kita tidak bisa lagi dengan cara yang biasa-biasa saja, butuh inovasi, perubahan dan proses untuk mencapai sukses.

Tantangannya saat ini bagaimana calon-calon SDM Indonesia memiliki keahlian untuk dapat memasuki dunia digital. Program MSIB telah memasuki Angkatan kedua saat ini dan telah membuka pendaftaran untuk angkatan ketiga dimana sudah ada lebih dari 37ribu mahasiswa yang mengikuti program magang dan studi independen bersertifikat.

Banyak dari mahasiswa membagikan pengalaman saat mengikuti program, diantaranya :

Deghar Perwira – Universitas Pendidikan Ganesha yang magang di Mitra BRI, menurutnya program magang ini membuatnya dapat terjun langsung ke desa untuk memahami proses struktur organisasi, proses bisnis di desa sekaligus mengembangkan kluster usaha yang berpotensi untuk mengembangkan perekonomian di desa, kami mahasiswa dituntut untuk dapat mengintegrasikan produk BRI yang ada untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di desa.

Dewi Fortuna – Binus University magang di Traveloka mengungkapkan bahwa program magang MSIB menambah banyak value softskill seperti komunikasi, adaptasi cepat dengan perubahan, serta kolaborasi dan technical skill seperti technology baru yang digunakan di project.

Pandu Lanang Turonggo – Universitas Tanjungpura Pontianak magang di PT Indonesia Power, Mentor-mentor di Indonesia Power mengajarkan banyak hal, bagaimana cara suatu pembangkit listrik tenaga uap dapat menghasilkan tenaga listrik yang dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat banyak.

Program MSIB saat ini membuka kesempatan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia baik PTS maupun PTN di bawah naungan kemendikbudristek agar dapat merasakan pengalaman bekerja dan belajar langsung di mitra-mitra industri serta dimentori oleh mentor-mentor profesional dibidangnya.

MSIB angkatan 3 sudah dibuka dan sosialisasi kepada Perguruan Tinggi telah dilakukan pada tanggal 31 Mei 2022 yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Untuk info sosialisasi dapat di akses melalui tautan berikut : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/06/magang-dan-studi-independen-bersertifikat-msib-angkatan-3-resmi-dibuka

Ayo berkolaborasi bersama untuk bergabung di MSIB angkatan 3.

Persyaratan dan informasi lebih lanjut dapat diakses pada laman serta media sosial resmi MSIB berikut.

  • Instagram: @magangmerdeka
  • Laman: kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang dan kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/studi-independen
  • Youtube MSIB: youtube.com/c/MSIBKampusMerdeka
  • Surat elektronik: subpokja-micro@kemdikbud.go.id.
  • LinkedIn

LinkedIn (as Person): MSIB Kampus Merdeka | https://www.linkedin.com/in/msib-kampus-merdeka/

LinkedIn (as Organization): MSIB Kampus Merdeka | https://www.linkedin.com/company/msib-kampus-merdeka

Mari bersama berproses menuju sukses.