WEBINAR NASIONAL SILVIKULTUR SERI 2

WhatsApp Image 2020-09-20 at 04.45.15

Webinar Nasional Silvikultur Seri 2, yang dilaksanakan pada Kamis, 13 Agustus 2020 pukul 09.00 WITA melalui Platform Zoom, dengan mengangkat tema “ Tindakan Silvikuktur Di Lahan Marginal “.

Narasumber beserta Materi yang di sampaikan dari webinar Nasional ini adalah sebagai berikut :

  • Prof. Dr. Ir. H. Moh. Na’iem, M. Agr. Sc. Tindakan Silvikultur Lahan Marginal Di Lahan Basah
  • Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M. Sc. Tindakan Silvikultur Lahan Marginal di Lahan Pasca Tambang.
  • Dr (Cand). Marinus Kristiadi Harun, S. Hut., M.Si. Tindakan Silvikultur Lahan Marginal di Dataran Tinggi.

Webinar nasional ini mempunyai latar belakang yang disampaikan yaitu, berbagai permasalahan eksploitasi sumber daya alam hutan di Indonesia berjalan begitu cepat dan tidak terkendali. Eksploitasi sumber daya alam hutan yang berlebihan mengakibatkan deforestasi. Selama kurun waktu 2000 – 2009 telah terjadi deforestasi sebesar 15,16 juta ha atau dengan laju sekitar 1,5 juta ha pertahun. Dalam catatan, Kalimantan sebagai penyumbang deforestasi terbesar seluas 5,5 juta ha atau sekitar 36,32 persen dari total deforestasi di Indonesia. Deforestasi terbesar terjadi pada kawasan hutan konservasi seluas 4,34 juta ha yang memang sudah dicadangkan untuk alih fungsi lahan. Sementara pada kawasan hutan lindung dan konservasi juga terjadi deforestasi dalam jumlah besar mencapai 3,28 juta ha.

Webinar ini dibuka oleh sambutan dari Bapak Rektor ULM yaitu bapak Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, lalu Dekan Fakultas Kehutanan Yaitu Bapak Dr. Kissinger,S.Hut, M.Si dan keynot speech yaitu bapak Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, M.S.

Selaku guru besar Fakultas Kehutanan ULM.

Acara webinar nasional ini mendapat sambutan baik dan antusiasme dari berbagai kalangan yang berasal dari sabang – merauke.

 

 

( Kontributor Himasiv 2020 )

 

Blog Attachment