MAHASISWA FAHUTAN ULM PHT 2019 DI PUSDIKBANG PERUM PERHUTANI MADIUN

PHT Fahutan 2019_

Pada hari Senin, tanggal 14 Januari 2019 dilaksanakan pelepasan mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan Praktek Hutan Tanaman (PHT) tahun 2019. Kegiatan PHT tahun 2019 ini diikuti sebanyak 131 mahasiswa dan didampingi oleh sembilan (9) dosen pendamping yang diketuai oleh Dr.H. Suyanto,M.P. Peserta PHT dilepas langsung oleh Dekan Fahutan ULM Ir.H. Sunardi, M.S. dan dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan Fakultas ULM serta para Dosen Fahutan ULM.

Praktek Hutan Tanaman merupakan Mata Kuliah Wajib bagi mahasiswa Fakultas Kehutanan yang dilaksanakan pada semester VI. Maksud dan tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk memberikan gambaran yang nyata pada proses pengelolaan hutan tanaman kepada mahasiswa. Dengan mengikuti program ini, mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan hutan tanaman.

PHT 2019 kembali dilaksanakan di Pusdikbang Perhutani Jawa Timur yang berlokasi di Jalan Rimba Mulya No 11, Madiun, Jawa Timur mulai Tanggal 15 Januari sampai dengan 25 Januari 2019. Dilaksanakannya PHT tahun ini di Pusdikbang Perhutani Jawa Timur didasari oleh perjanjian kerjasama antara Pusat Pendidikan dan Pengembangan SDM Perum Perhutani dengan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Nomor: 06/SJ/Pusdikbang SDM/2017 dan Nomor: 938/UNB.24/KS/2017 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan SDM Perum Perhutani di Madiun Jawa Timur.

Peserta PHT 2019 diserahkan oleh pimpinan Fahutan yang diwakili oleh Ketua Jurusan Fahutan ULM  Dr. Yusanto, S.Hut.,M.P. dan Sekretaris Jurusan Fahutan ULM Asysyfa,S.Hut.,M.P.kepada pihak Pusdikbang SDM Perum Perhutani pada acara pembukaan  PHT tanggal 15 Januari 2019 di Madiun. Kegiatan PHT di Pusdikbang SDM Perum Perhutani diketua oleh Agus Sulthoni, S.Hut. Selama pelaksanaan PHT, mahasiswa mendapatkan materi tentang pengelolaan hutan jati dari proses perencanaan, penanaman dan pengelolaan, dan pengolahan hasil hutan baik hasil hutan kayu maupun non kayu.