KERJASAMA YANG SALING MENGUNTUNGKAN, MEMBUKA PELUANG PRAKTIK & RISET MAHASISWA

ttd3

Kesempatan dan ruang untuk melakukan penelitian skripsi bagi mahasiswa Program Studi Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) semakin terbuka lebar. Hal ini disebabkan telah ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara Fakultas Kehutanan ULM dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dalam hal praktik dan penelitian di areal rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kalsel (Kamis, 05 Nov 2020).

Dalam sambutannya, Dr. Kissinger, S.Hut, M.Si Dekan Fakultas Kehutanan ULM merasa senang dan berbahagia dengan acara ini karena mahasiswa akan lebih banyak pilihan untuk menentukan topik dan lokus penelitian tugas akhirnya. Beliau juga berharap agar mendapat akses untuk membuat demplot khusus bagi civitas akademika di kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropis Banjarbaru.

 

Sementara itu, Hj. Fathimatuzzahra, S.Hut.M.P selaku Plt. Kepala Dinas Kehutanan Kalsel yang baru menggantikan Dr. Hanif Faisol Nurrofiq, S.Hut.M.P (sekarang Setdirjen PKTL Kemen LHK) dalam paparannya mengatakan bahwa rehabilitasi DAS merupakan kewajiban perusahaan pemegang IPPKH untuk merehabilitasi hutan dan lahan kritis. Dengan adanya kerjasama ini, Bu Aya berharap agar kegiatan rehab DAS tidak hanya sekedar menanam dan memelihara pohon, tetapi ada nilai lebih berupa hasil riset yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, khususnya bagi bagi Banua Kalsel.

Tampak hadir jajaran pejabat eselon III Dinas Kehutanan Prov Kalsel, Kabid Perencanaan Pemanfaatan Hutan, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Penyuluhan dan Perhutanan Sosial, Kabid Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, dan Kabid Pengelolaan DAS dan RHL. Di samping itu juga berhadir Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Koordinator dan Sekretaris Prodi Kehutanan, Pengelola UPPKH, Koordinator Lab,  dosen dan mahasiswa serta Kabag dan Kasubag di lingkungan Fakultas Kehutanan ULM. Sementara secara online melalui zoom meeting dihadiri para dosen, mahasiswa, KPH se Kalsel dan perusahaan pemegang IPPKH.

Dr. Hamdani Fauzi, S.Hut, M.P (Koordinator Prodi Kehutanan ULM) yang menjadi inisiator kerjasama ini menyatakan bahwa selama ini tidak sedikit mahasiswa tingkat akhir yang kebingungan mencari topik dan lokasi penelitian yang berakibat menghambat lama waktu studi. Di sisi lain kami melihat kegiatan rehab DAS di Kalsel sangat intensif digalakkan dengan luasan lebih dari 25.000 ha, sehingga menjadi potensial untuk melakukan praktik dan penelitian skripsi.

Di akhir paparannya, Ibu Fathimatuzzahra menyampaikan beberapa kebutuhan riset yang diharapkan diantaranya Kesesuaian jenis tanaman perlokasi, Taksiran volume tumbuh perjenis sampai siap panen, Nilai ekonomi tanaman Rehabilitasi DAS, Peranserta masyarakat terhadap keamanan tanaman Rehabilitasi DAS, Rekayasa media tumbuh tanaman pada kondisi tertentu dan Interpretasi hasil drone terhadap sebaran populasi tanaman Rehabilitasi DAS. (Kontributor Hamdani & Reza)

 

 

 

Blog Attachment