Foto 1_v2

Banjarbaru. Rabu (28/10/2015) Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat menyelenggarakan Pelepasan Sarjana Baru periode Juni s/d September 2015, bertempat di aula Fakultas Kehutanan. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan beserta anggota Senat Fakultas, para dosen, orang tua dan wali sarjana baru serta para sarjana baru. Jumlah sarjana baru yang dilepas kali ini sebanyak 18 orang, yang terdiri dari 9 orang lulusan Minat Manajemen Hutan, 6 orang Minat Silvikultur dan 3 orang Minat Teknologi Hasil Hutan. Dari 19 orang lulusan tersebut, 5 orang dinyatakan lulus dengan predikat Pujian atau cum laude, yaitu : Muhammad Aditya Athaillah dengan IPK 3,94, Arief Waskito, IPK 3,71, Putri Nadilla, IPK 3,61, Muhammad Ihsan Norahman, IPK 3,58 dan Adelinas Meirynda Noor dengan IPK 3,52. Sisanya, sebanyak 13 orang dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan. Sarjana baru yang dilepas kali ini, semuanya memiliki IPK diatas 3,00, yaitu berkisar antara 3,03 sampai dengan 3,94. Muhammad Aditya Athaillah, ditetapkan sebagai lulusan terbaik pada pelepasan kali ini.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kehutanan menyampaikan, predikat lulus dengan pujian bagi program S1, diberikan kepada mahasiwa yang lulus dengan IPK >3,50, waktu studi paling lama 5 tahun dan tidak memiliki nilai C. Selanjutnya Dekan menyampaikan, Fakultas kehutanan UNLAM berusaha untuk meningkatkan mutu lulusanya dengan melakukan berbagai upaya, antara lain berkerjasama dengan Universitas dalam negeri maupun luar negeri. Pelibatan mahasiswa dalam penelitian dosen terus ditingkatkan, dengan harapan agar lulusan mempunyai pengalaman lapangan yang sesuai dengan pekerjaan yang nantinya dihadapi.

Saat ini Fakultas yang memiliki 67 orang dosen, 24 orang berpendidikan S3 (35 %) 5 orang diantaranya guru besar (professor), sisanya berpendidikan S2 dan 6 orang diantaranya sedang mengikuti pendidikan S3. Hampir semua dosen telah memiliki Sertifikasi Dosen, hanya 4 orang yang belum, karena sedang studi lanjut S3.

Alhamdulillah, pada bulan ini juga telah ditempatkan server Badan Informasi Geospasial (BIG) di Fakultas Kehutanan, sehingga untuk belajar perpetaan dan SIG yang sangat berkaitan dengan kehutanan, tersedia fasilitas dan sangat memadai.

Akreditasi Program Studi merupakan suatu penilaian dari Badan Akreditasi Nasional terhadap kinerja dan pelaksanaan proses pembelajaran terhadap suatu Program Studi yang dilaksanakan oleh Fakultas dan saat ini penerima kerja (swasta maupun pemerintah) telah mensyaratkan Akreditasi dalam recruitment tenaga kerja. Program Studi Kehutanan telah diakreditasi dan memperoleh peringkat B dan akreditasi institusi (UNLAM) juga mendapat peringkat B.

Setelah acara selesai, dilakukan foto bersama antara anggota Senat Fakultas dengan para sarjana baru.

Foto 3

Foto 2