Raut wajah penuh semangat terpancar dari para mahasiswa saat acara pembukaan dan pelepasan Praktik Hutan Tanaman (PHT)  yg dilaksanakan di halaman depan Fakultas Kehutanan hari Jumat siang tgl 10 Januari 2020. Pelepasan ditandai dgn prosesi Tapung tawar yg dilakukan oleh dekan dan wakil dekan bidang akademik

 

Keberangkatan rombongan PHT didampingi 6 dosen pendamping berlangsung pada hari Selasa pagi tgl 14 Januari 2020 dari bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru menuju bandara Juanda Surabaya. Setiba di Surabaya rombongan PHT bertolak langsung ke Solo untuk mengadakan tinjau lapang perusahaan pengolahan kayu di Solo.

Rombongan PHT setelah selesai mengadakan kunjungan dari solo tiba di kampus Perhutani (PUSDIKBANG SDM Perhutani Madiun) sore menjelang malam. Pihak Perhutani memfasilitasi pembukaan acara Praktik Hutan Tanaman selepas shalat Isya.

Keesokan paginya mahasiswa dibekali dg pengetahuan teoritik dr berbagai materi yg dipraktek lapangkan.

Sesuatu yg sangat bermanfaat adalah dlm praktik hutan tanaman, tidak sekedar kemampuan akademik ttg hutan jati saja yg diajarkan, tetapi meliputi pendidikan karakter dan leadership juga dibina. Pendidikan leadership dibangun utk menegakkan kedisiplinan dan jiwa kebersamaan yg kuat dr mahasiswa demi pembangunan bangsa dan negara.

HHBK porang, minyak kayu putih dll menjadi materi tambahan yg dibalut dalam penempaan kewirausahaan.

Berwisata sambil belajar mengelola jasa lingkungan juga dipraktikan ketika mhswa berkesempatan belajar di obyek wisata hutan serambangan gunung Lawu

Pengalaman yg sangat berharga bagi mahasiswa dlm PHT tahun 2020. Semoga bermanfaat utk meningkatkan kualitas SDM mahasiswa.

[WRGF id=5169]