ACARA WEBINAR DPM FAHUTAN ULM “Strategi Penerapan Legislasi Dalam Menghadapi Permasalahan-Permasalahan Lingkungan Hidup & Kehutanan Dimasa Pandemi”

FEATURE IMAGE

Pada tanggal 26 September 2020 DPM FAHUTAN ULM mengadakan Webinar dengan tema “Strategi Penerapan Legislasi Dalam Menghadapi Permasalahan-Permasalahan Lingkungan Hidup & Kehutanan Dimasa Pandemi” melalui aplikasi ZOOM yang kurang lebih dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai instansi dari berbagai daerah. Acara ini di pimpin oleh Tri Sanjaya sebagai moderator yang merupakan ketua dari DPM FAHUTAN ULM. Sambutan pertama diberikan Bapak Dr. Yusanto Nugroho, S.Hut, MP selaku Wakil Dekan ll  dan beliau sangat mengapresiasi adanya webinar ini karena dengan adanya webinar ini mahasiswa maupun masyarakat umum dapat mendalami pengetahuan di bidang kehutanan khususnya di Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan ini kami menghadirkan 3 pemateri yang memiliki peranan penting di bidang Kehutanan, yang pertama Bapak Zulfa Asma Vikra, SH, MH yang merupakan anggota DPRD Kalsel sekaligus ketua kaukus Lingkungan Hidup dan Kehutanan DPRD Kalsel, beliau menyampaikan materi yaitu advokasi Lingkungan Hidup melalui Legislatif selain itu juga beliau menyampaikan beberapa PERDA mengenai lingkungan hidup di Kalsel yang bertujuan dapat memperbaiki kondisi lingkungan hidup, menghijaukan kembali Kalsel serat melestarikan fauna dan flora asli Kalsel, yang kedua Bapak I Gede Arya Subhakti, S.Hut, MP selaku Kabid PMPPS Dishut Kalsel, beliau menyampaikan beberapa kebijakan perhutanan sosial di Kalimantan Selatan dan pengembangan produk HHBK, dan yang ketiga Bapak Dr. Ir. Ahmad Jauhari, MP yang merupakan akademisi dosen Fakultas Kehutanan ULM. Dalam materi beliau menyampaikan mengenai Digitalisasi dalam pengelolaan hutan lestari di Finland sebagai pelajaran mengatasi permasalahan Lingkungan Hidup dan Kehutanan dimasa pandemi.

Dari webinar ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam menghadapi permasalahan-permasan Lingkungan perlu adanya keterlibatan antara pemerintah dan seluruh masyarakat agar dapat berkecimpung dalam membenahi maupun melestarikan alam dengan harapan mendapat manfaat lebih kedepannya.

 

Blog Attachment