141 Mahasiswa Fahutan Laksanakan PKL di Hutan Pendidikan Fahutan ULM

PKL_FAHUTAN_MANDIANGIN_2016_GBR_2

PKL_FAHUTAN_MANDIANGIN_2016

Pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 dilaksanakan pembukaan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Mandiangan Kabupaten Banjar. Dalam laporannya ketua panitia PKL Ir. Hj. Fony Rianawati, M.P. menjelaskan bahwa PKL diikuti oleh 141 mahasiswa sebagai peserta dan 19 orang mahsiswa sebagai asisten lapangan yang bertugas membantu  para dosen di lapangan untuk 9 materi yang dilaksanakan. Alokasi waktu PKL   selama 12 hari dimulai dari tanggal 27 Juli s/d 7 Agustus 2016.

Dekan Fakultas Kehutanan ULM Ir. H. Sunardi, M.S dalam sambutannya mengemukakan bahwa kegiatan PKL yang pertama kali dilaksanakan tahun 1981, setahun setelah Fakultas Kehutan memiliki Hutan Pendidikan (1980) sampai sekarang, jadi 36 kali dilakukan PKL.

PKL dilaksanakan sebagai salah satu kewajiban   calon rimbawan guna mendukung berhasilnya Visi Fakultas Kehutanan ULM yaitu  menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kehutanan serta pengelolaan sumber daya alam. Oleh karena  kegiatan ini total dilaksanakan dengan camping di lapangan selama 12 hari, maka peserta diharapkan mempersiapkan fisik, mental dan segala sesuatunya dengan seksama.  Dekan berharap agar PKL dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan yang telah direncanakan oleh semua pihak yang terkait, agar diperoleh hasil maksimal berupa peningkatan kemampuan dan ketrampilan sebagai bagian   atau modal dasar untuk berkiprah lebih banyak lagi di bidang kehutanan.  Pembukaan PKL ini juga ditandai dengan pemasangan kartu tanda peserta oleh Dekan kepada perwakilan peserta dan diikuti seluruh peserta.

Pada cara pembukaan PKL kali selain diikuti oleh peserta dan panitia, juga dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan Fakultas ULM, para dosen Fahutan ULM,  selain itu juga hadir sebagai undangan Ir. H. Supiani selaku kepala UPT Tahura Sultan Adam yang lokasinya memang berdampingan dengan Hutan Pendidikan Fakutas Kehutanan ULM tempat dilaksanakannya PKL.

Blog Attachment